20 May 2024
Nasional

Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli MoU dengan BPTUHPT Siborongborong

Tapanuli Utara, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) melakukan Nota Kesepakatan (MoU) dengan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat, (20/8)

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) UNITA Joan Berlin Damanik SSi MM dalam relis beritanya yang diterima melalui WhatsApp SIB, Minggu, (22/8).

MoU juga dilaksanakan secara bersamaan antara Rektor UNITA Dr Ir Adriani Siahaan MP, Dekan FE Joan Berlin Damanik SSi MM dan Dekan Fakultas Pertanian (FP) Rosmalina Sinaga MP dengan Kepala BPTUHPT Siborongborong Ir Agus Maruli Gultom.

Menurutnya, penandatanganan nota kesepakatan tersebut dalam rangka menjalin kerjasama antara UPT Teknis Kementerian Pertanian dan pihak Akademisi dalam wujud nyata Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Tentu katanya, kerjasama yang ditandatangani itu akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang bersertifikat sesuai dengan tuntutan pemerintah yang menganjurkan pelaksanaan magang bersertifikat harus sesuai dengan kurikulum kampus merdeka.

“Memang, saat ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen FE telah melakukan magang bersertifikat di BPTUHPT, jadi tuntutan pemerintah sudah terpenuhi,” ucap Joan.

Untuk itu katanya, MoU UNITA dengan BPTUHPT tidak menutup kemungkinan akan memicu peningkatan kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Tapanuli Raya, secara khusus mahasiswa bisa melakukan magang bersertifikat yang dipandu oleh orang – orang yang professional di bidangnya.

Saat bersamaan, Rektor UNITA, Dr Ir Adriani Siahaan MP menjelaskan, kerjasama yang dilaksanakan itu juga akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk bekerja dan membuka jiwa kewirausahaan dalam menghadapi masa depan yg penuh kompetitif.

Rektor menginformasikan, bahwa saat ini juga UNITA masih menerima mahasiswa baru, sehinggga masih memberikan peluang bagi calon mahasiswa baru untuk kuliah di UNITA.

“Mari masyarakat daftarkan diri segera ke UNITA, jangan tunda masa depan yang lebih cemerlang meskipun masa pandemi, bukan berarti menghambat untuk mendapatakan pendidikan,” ajak Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPTUHPT Siborongborong Ir Agus Maruli Gultom sangat menyambut baik MoU tersebut dan mengharapkan dengan adanya MoU itu, kerjasama antara lembaga dapat terus terjalin dengan baik dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa kompeten serta dapat menjadikan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Mengakhiri sambutannya, wujud nyata yang akan dilakukan BPTUHPT dengan UNITA akan melibatkan dosen dan mahasiswa untuk melakukan riset. “tentu dalam kesepakatan ini kami bersedia memberikan pelatihan dan mentoring kepada mahasiswa,” pungkasnya.