4 March 2024
Nasional

Sudin LH Jakarta Utara Kolaborasi UKPD Terkait Bentuk Tim Khusus Tangani Sampah Pasca Rob

Banjir rob yang terjadi di wilayah Jakarta Utara sangat mendapatkan perhatian khusus dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Utara. Perhatian tersebut dilakukan dengan pembentukan tim khusus yang menangani sampah pasca rob terjadi.

Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariyadi mengatakan pihaknya sudah membentuk tim dalam penanganan banjir rob.

“Kami membuat posko siap siaga untuk banjir rob di Jakarta Utara. Petugas dan armada disiapkan setiap harinya di posko 1×24 jam untuk memonitor, memantau, juga melaporkan setiap perkembangan,” katanya melalui sambungan telepon, Senin (6/12).

Hariyadi menambahkan saat rob terjadi petugas LH ikut konsentrasi pada titik-titik penyumbatan.

“Saat rob mulai surut, kami langsung bertugas melakukan penyisiran sampah-sampah. Dari lokasi paling parah di kawasan Sunda Kelapa atau tepatnya di RW 8 berhasil dikumpulkan satu truk sampah. Diperkirakan beratnya mencapai 46 meter kubik yang kemudian ditempatkan di TPS Ancol,” tuturnya.

Hariyadi menuturkan dalam penanganan sampah pasca rob terjadi pihaknya berkolaborasi dengan beberapa UKPD.
“Kami berkolaborasi dengan Satpol PP, Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air (SDA), Kecamatan dan khususnya PPSU. Kolaborasi bersama PPSU dilakukan agar penanganan sampah pasca rob lebih cepat. Tidak saling menunggu, saat informasi diberikan, tim khusus langsung turun ke lokasi,” tuturnya.