14 June 2024
Nasional

RUPST PT. Cahaya Putra Asa Keramik. Tbk Tahun Buku 2021

Perusahaan perdagangan dan industri keramik PT Cahaya Putra Asa Keramih. Tbk
(Perseroan) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) beserta Paparan Publik hari ini di Jakarta, Selasa 12 April 2022.

Johan Silitonga (Direksi Utama) menyampaikan, Melewati tahun 2021, Perseroan masih mencatatkan hasil yang positif di tengah kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya kondusif terhadap keberlangsungan bisnis. Perseroan mampu membukukan penjualan bersih sebesar Rp.270,44 miliar atau meningkat 24,62% dibandingkan dengan tahun 2020 yang sebesar Rp.217 miliar.

Dari penjualan tersebut Perseroan membukukan peningkatan laba bersih sebesar 8351,21% dari Rp.144 juta pada tahun 2020 ke Rp12,2 miliar pada tahun 2021.

“RUPST memutuskan menerima seluruh usulan yang diajukan Perseroan yaitu mengenai Pengesahan Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2021, usulan penetapan penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2021, usulan mengenai penentuan remunerasi, gaji honorarium beserta dengan tunjangan lain bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, usulan penunjukkan Kantor Akuntan Publik dan/atau Akuntan Publik, dan usulan perubahan susunan Dewan Komisaris Perseroan”, Ujar Johan.

Upaya Peningkatan Kinerja di Tahun 2022

Yulia Pebruari (Sekretaris Direktur) menambahkan, dengan estimasi pasar keramik nasional yang akan mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan permintaan domestik diprediksi mampu mendorong peningkatan kinerja penjualan Perseroan di tahun 2022 mendatang. Meski demikian, kenaikan harga komoditas energi serta Upah Minimum Regional (UMR) di tahun depan akan menyebabkan peningkatan production cost. Hal ini tentu akan menyebabkan operational profit margin akan mengalami penurunan, sehingga me’npengaruhi cashflow Perseroan”, Ujar Yulia.

Sehubungan dengan adanya peluang dan risiko di tahun depan, Perseroan akan menerapkan strategi bisnis yang berfokus pada penjualan, produksi dan keuangan. Pada aspek penjualan, Perseroan akan fokus pada perluasan jaringan penjualan di pasar domestik terutama untuk proyek perumahan sederhana maupun rumah-rumah segmen menengah, dengan teiap memberikan perhatian pada pengembangan produk terutama dalam design keramik dan ukuran agar dapat meningkatkan penyerapan produk di pasar nasional.

Selanjutnya Perseroan juga akan fokus pada pencapaian hasil produksi baik secara kuantitas maupun kualitas dengan meningk:tkan produktivitas dan fokus pada upaya efisiensi produksi untuk dapat meningkatkan perolehan laba y-ng lebih maksimal. Pada aspek keuangan, Perseroan akan memberikan prioritas dalam pengelolaan cashflow dalam penyediaan modal kerja untuk dapat mendorong pertunibuhan penjualan, serta meningkatkan pengendalian risiko secara tepat terutama terhadap risiko perubahan nilai tukar mata uang asing dan risiko tingkat suku bunga”, pungkasnya.

SEKILAS PERSEROAN

PT. Cahayaputra Asa Keramik. Tbk dalam perjalanan bisnisnya selama 2 dekade ini, telah menjadi salah satu perusahaan perdagangan dan industri keramik terkemuka di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1995, Perseroan telah berkembang secara luas tidak hanya melalui fasilitas produksi yang besar namun juga kualitas produk yang terpercaya Perseroan menjadi perusahaan publik melalui penawaran umum saham perdana dan pencatatan saham di Bursa fek indonesia pada tanggal 31 Oktober 2018.