23 April 2024
Nasional

Presiden Joko Widodo Lantik Irjenpol Martinus Hokum Sebagai Kepala BNN dan Brigjen Sentot Prasetyo Sebagai Kepala Densus 88

Fajar Metro –

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi terhadap jajaran Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo.

Dalam mutasi itu, Kapolri mengusulkan Kepala Densus 88 Antiteror Polri Irjen Marthinus Hukom untuk menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru.

Posisi Kepala Densus 88 kemudian diserahkan kepada Brigjen Sentot Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Densus 88. Sementara Brigjen I Made Astawa ditunjuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Sentot.

Selain itu, Listyo juga merotasi Irjen Hery Herjawan dari Dirsidik Densus 88 sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan Kemendagri.

Selanjutnya, Kapolri menunjuk Brigjen Dwight Jordan De Fretes sebagai Dirsidik Densus 88 yang baru dari jabatan sebelumnya Dirtindak Densus 88.

Sementara untuk posisi Dirtindak Densus 88 yang kosong akan diisi oleh Kasatgaswil Sulteng Kombes Adrianto Jossy Kusumo.

Beberapa nama lain yang juga dimutasi yakni Irjen Johanis Asadoma dari Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Hubinter Polri.

Kapolri kemudian menunjuk Irjen Daniel Tahi Monang untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Johanis. Sementara posisi Kapolda Papua Barat diisi oleh Brigjen Johnny Edizon.

Selain itu, Listyo juga merotasi Irjen Setyo Boedi Moemponi dari Kapolda Sulsel menjadi Analis Kebijakan Utama Korps Brimob Polri. Posisi Setyo kemudian digantikan oleh Irjen Andi Rian yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel. (YP)

Sumber: https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/nasional/20231208001353-12-1034398/rotasi-irjen-marthinus-kepala-bnn-brigjen-sentot-kepala-densus-88/amp