23 April 2024
Nasional

Plt. Wali Kota Paparkan Program Menuju Smart City Tahun 2023 Ke Kementerian Kominfo Lewat Daring

 

 

Bekasi, Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto pada sore ini memaparkan mengenai evaluasi program menuju Smart City tahun 2023 di Command Center melalui online kepada Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia dalam peraihan Kota untuk Smart City Tahun 2023.

Bersama Kepala Dinas Kominfostandi, Hudi Wijayanto dan hadir juga para Kepala Perangkat Daerah yang telah mengembangkan pelayanan melalui smart city dengan berbagai sistem aplikasi untuk memudahkan warga dalam pelayanan.

Tri paparkan mengenai beberapa perangkat daerah yang telah menggunakan sistem aplikasi melalui digital antara lain pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas PMPTSP, Dinas Tenaga Kerja dan lainnya. Juga sistem pelayanan di tiap Kecamatan untuk memudahkan pelayanan warga.

Hal ini menjadi dasar dalam pengembangan program smart city yang telah berjalan di Pemerintah Kota Bekasi, karena perkembangan Kota Bekasi yang telah pesat pada tahun ini harus optimis meraih peraihan program Smart City terbaik.

Pengimplementasian Smart City untuk Kota Bekasi merangkul beberapa perangkat daerah dalam pelayanan menggunakan elektronik digital/aplikasi yang akan memudahkan warga atau perangkat daerah menjadi salah satu penilaian program menuju Smart City. Melalui sebuah perencanaan matang untuk menjadikan sebuah aplikasi berbasis digital dalam kategori Smart Government, Smart Living, Smart Branding, Smart Society dan Smart Economy.

Salah satu contoh program menuju smart city Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi yakni Mall Pelayanan Publik yang diisi oleh pelayanan dari berbagai perangkat daerah yang menyajikan pelayanan warga dan tidak hanya perangkat daerah, koordinasi melalui Polres, Imigrasi, Kementerian Agama dan lainnya menjadi satu tempat untuk memudahkan pelayanan.

Tri berharap dengan adanya penyajian ini, menjadi harapan untuk Pemerintah Kota Bekasi telah menuju Smart City, dan berhasil dalam penyajian laporan sehingga bisa mendapatkan penghargaan untuk Smart City Tahun 2023.