16 April 2024
Nasional

Peran FKBN ke Era Milenial: SMAN 40 Jakarta Siap Menjadi Percontohan

Jakarta, Dalam rangka sosialisasi kegiatan (PKBN) Pembinaan Kesadaran Bela Negara di kalangan Milenial, Kepala Badan Koordinator FKBN (Forum Kader Bela negara ) Jakarta Utara Bung Dudi Anjung S, bersama dengan Kepala Bidang Pendidikan dan Keterampilan Ibu Widya Susanti S.Pd dan Wakabid bapak Drs. Selamet tepat pukul 13.00 WIB Bersilahturahim Ke Sekolah SMAN 40 Pademangan Jakarta Utara, Kamis (20/01/2022)

Yang di pimpin oleh ibu Dra. Masayu M.Pd sebagai kepala sekolah Negeri 40 Jakarta beserta Ketua Tim Pengembangan Kurikulum Drs. Yan Rizal Rahadian dan Verena Evri Sepani, SS ( Staf Humas ), dengan tujuan agar dapat berkolaborasi dalam awal giat sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara pada generasi Milenial Khususnya pemuda-pemudi Cikal Bakal penerus bangsa.

“Agenda tersebut masih tahap wacana namun segera akan Kami realisasikan agar Siswa Siswi SMAN 40 Jakarta ini Menjadi barometer, Sekolah Pertama yang berkomitmen dalam hal kecintaan terhadap NKRI, Peran serta dalam percontohan kesadaran Bela Negara” Ucap Dudi.

Disamping itu Kepala Sekolah menyambut baik, ” Karena dengan dengan program tersebut dapat menumbuhkan di dalam diri Siswa-Siswi rasa kecintaan akan Tanah Air (Nusa Bangsa ) setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 45, Namun akan terlebih dahulu Kami Rapatkan Secara Internal Dulu.”

Adapun giat tersebut akan diagendakan setelah FKBN Jakarta Utara di lantik pada waktu dekat ini sebagai rencana kedepannya diharapkan program PKBN (Pembinaan kesadaran Bela Negara) menjadi bagian program rutin di seluruh semua sektor pendidikan dalam pengembangan kecintaan dalam bernegara dan memotivasi generasi Milenial dalam membangun Fisik dan Mental yang Nasionalis, Pancasilais, dedikasi dan Inovasi yang terbarukan, dalam hal ini merupakan implementasi dari Arti Bela Negara Sesuai dengan Program Kementerian Pertahanan RI tentang PKBN ( Pembinaan Kesadaran Bela Negara ),” Sambung Dudi

Merdeka Belajar yang sedang di terapkan oleh kementerian Pendidikan bapak Nadiem Anwar Makarim BA,MBA.
” Kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Dan yang nantinya akan terus dilaksanakan ke semua lembaga pendidikan baik secara daring ataupun Luring,”tutup Widya.