19 May 2024
Nasional

PB PMII : Launching Dan Bedah Buku Membangun Diskursus Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Sains dan Tekhnologi

JAKARTA, Upaya untuk meningkatkan potensi kaderisasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) memasuki babak baru.

Bertempat di Lantai 4, Perpustakaan Nasional, yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jum’at, 10 Desember 2021, PB-PMII melaunching Penerbit dan Buku “Membangun Diskursus Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Sains dan Tekhnologi”, bertema PMII Berkarya.

Muhammad Abdullah Syukri, S.IP., M.A, Ketua Umum PB PMII periode 2021-2024, menyampaikan secara singkat dalam sambutannya, bahwa “Dengan dilaunchingnya Penerbit dan Buku ini, saya berharap seluruh kader PMII di manapun, dapat menyalurkan bakat menulisnya, dengan memanfaatkan Penerbit PB-PMII”.

Narasumber dalam bedah buku ini adalah AKBP Danu Wiyata, S.Pd, MM (Kasat Intelkam POLDA Metro Jaya) yang mewakili Kapolda Metro Jaya, Jenderal Polisi Fadil Imran, Prof. Dr. Asep Usman Ismail, M.Ag (Akademisi UIN Ciputat Jakarta), dan Hengki (Ketua Bidang Riset Pendidikan dan Tekhnologi PB-PMII), dengan moderator kegiatan Arif.

AKBP Danu Wiyata, S.Pd, MM, secara singkat mengungkapkan apresiasinya yang sangat positif dan mengharapkan PMII dapat menjadi pilar utama dalam membantu TNI POLRI dalam mengawasi banyaknya cara berfikir yang harus diawasi, apalagi jika mulai meninggalkan ajaran-ajaran Pancasila.

Prof. Dr. Asep Usman Ismail, M.Ag, berujar dalam kesempatan yang diberikan “PB PMII seharusnya bisa mendemisinasi, memberikan wawasan, literasi tentang Pancasila, dalam pandangan saya, adalah ideologi yang mapan, yang bisa menaungi seluruh seluruh ideologi bernegara”.

“PMII harus bisa beradaptasi di seluruh perkembangan Digital, Tekhnologi dan Sains. Lalu apa yang lemah di tubuh PMII? Gerakan Ekonomi, lemah di NU dan PMII, inilah salah satu hal yang juga perlu mendapat perhatian lainnya dari PB-PMII” lanjut dosen di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat Jakarta.

“Pendidikan adalah Bidang yang fundamental di tubuh PMII, Ekonomi dan lainnya adalah bicara pendidikan, dengan adanya penerbit ini tentu saja sangat membantu pengembangan bidang kami, Pendidikan. Kami meyakini, apapun bentuk dan situasi negara ini, PMII harus berdiri tegak dan berkolaborasi dengan berbagai pihak” ujar Hengki, Kabid Pendidikan, Riset dan Tekhnologi PB-PMII.