23 April 2024
Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Laksanakan Pemantauan Keamanan Malam Tahun Baru 2024

Fajar Metro – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melaksanakan pemantauan dan pengecekan situasi keamanan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) malam pergantian Tahun Baru 2024 yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual, bertempat di Gedung Promoter Polda Metro Jaya Jl. Jenderal Sudirman 55 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (31/12/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI berkesempatan melaksanakan interaktif virtual dengan Kapolda Yogyakarta. Dalam laporannya, Kapolda Yogyakarta menyampaikan informasi situasi dan kondisi keamanan wilayah hukumnya yang secara umum dalam kondisi aman.

 

Panglima TNI menyampaikan bahwa Yogyakarta masih menjadi salah satu favorit tujuan wisata. “Sampai saat ini Yogyakarta masih diminati wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri, sehingga perlu koordinasi semua unsur yang terkait untuk menangani wisatawan,” ujar Jenderal Agus Subiyanto.

 

“Kemudian juga mungkin untuk mensosialisasikan kembalinya wisatawan yang selesai melaksanakan liburan Nataru di daerah Yogyakarta. Agar dihimbau kepada wisatawan untuk kembali tidak terlalu malam, manfaatkan waktu saatnya istirahat dan laksanakan Koordinasi yang ketat dengan unsur Forkompinda, pejabat terendah di wilayah apabila terjadi ancaman, gangguan di wilayahnya dapat terdeteksi dengan cepat, ” pesan Panglima TNI.

 

Dalam kesempatan yang sama, Jenderal Agus Subiyanto juga melaksanakan vicon dengan Kapolda Jawa Timur. Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua unsur sehingga pelaksanaan Nataru di Jawa Timur bisa berjalan dengan aman.

 

Sementara itu, di hadapan awak media, Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan bahwa pelaksanaan pengamanan tahun baru di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, dilakukan oleh para Pangdam dan jajarannya tentunya berkoordinasi dengan Forkompinda yang ada di wilayah dan dilaporkan untuk situasi secara umum aman.

 

Panglima TNI juga memberikan penekanan-penekanan antisipasi untuk kejadian-kejadian yang kemungkinan timbul ancaman dari luar ataupun bencana alam yang terjadi. “Para Pangdam dan jajaran sudah memahami dan akan melakukan. Itu yang dilakukan oleh unsur TNI dalam perbantuan kepada Polri, dan TNI mengerahkan 22.800 lebih personil untuk pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru,” jelas Panglima TNI.

 

Kegiatan yang diikuti secara daring oleh Kapolda seluruh Indonesia serta Forkompinda juga Turut dihadiri oleh Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Danpuspom TNI, Kapuspen TNI, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya dan para pejabat utama TNI serta Polri. (YP)

Sumber: TNI.mil.id