19 May 2024
Nasional

Linda Panggabean Tampil Di IFP 2023 Perkenalkan Kain Sadum Tarutung

 

 

Diwawancarai usai acara Prescon IFP 2023, Linda Panggabean menerangkan bahwa Saat  pameran nanti Saya membuat fashion modern yaitu kombinasi kain biasa dari kain ulos sadum asal Tarutung Sumatera Utara.Saya ciptakan jadi pakaian trendy.

Pakaian yang saya buat ini bisa dipakai untuk jalan jalan dan ke Mall.

“Saya terpanggil untuk melestarikkan kain tenun daerah, khususnya ulos sadum, ” Jelas Linda Panggabean.

Ada pendapat saya jika kita mencintai ulos batak ,itu berarti mencintai kehidupan keluarga penenun, karena ada 5000 orang lebih tinggal di daerah toba, yang setiap hari bekerja membuat ulos/ kain tenun batak agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyekolahkan anak di tanah perantauan.Adapun Ulos sadum ada yang  terbuat dari kain 100 (kapas) dan sutra.

Fashion yang saya tampilkan hari ini diantaranya terbuat dari ulos sadum.
Ulos sadum itu artinya ulos yang torop, karena akan banyak didapat  dari keluarga paman, dan banyak di lemari, biasanya setiap keluarga batak mendapat ulos sadung mulai dari acara pernikahan, punya anak, acara nempati rumah, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada Ulos ragi hidup namun itu jangan digunakan untuk fashion modern, jikapun mau dibikin itu harus ditenun khusus fashion modern. karena tidak semua ulos itu bisa digunakan utk fashion modern.

” Harga fashion ulos yang  ditawarkan di acara IBF Juni 2023 berkisar harga 700 ribu hingga 10 juta,” Tambah Linda.

Harapan Saya ke depan Pemerintah semakin banyak membuat promosi, banyak masyarakat memakai produk ulos dan  mencintai kain tenunan batak, saya senang jika banyak pejabat bisa menggunakan fashion tenunan ini.

 

Sejak tahun 2016 , Saya juga sudah menggalakan dengan promosi, agar cinta kain tenun tangan ulos.

 

” Sebelumnya juga Saya pernah mengikuti pameran fashoin , yaitu menggunakan kain tenun Kalimantan dan Sulawesi, Tutup Linda Panggabean.