18 July 2024
IbukotaNasional

Kunjungan Akademik Sarjana Terapan MPLM UNJ ke Museum Maritim Pelindo Regional 2 Tanjung Priok

Fajar Metro – Dalam rangka mengaplikasikan teknologi yang didapat dalam lingkungan akademik Mahasiswa Program Sarjana Terapan Manajemen Pelabuhan Logistik Maritim (MPLM) UNJ melakukan kunjungan ke Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok, Senin (27/5/2024).

Sebanyak 63 mahasiswa dan 2 dosen (ibu Siti Sahara, S.Pd.,M.Pd. dan Bapak DR. H. Sungkono Ali, MBA, MM, MSc dosen praktisi) dan diterima oleh Humas Pelindo Regional 2 Bapak Bagus dan Kepala Museum Maritim (MM) Tanjung Priok Ibu Tiana.

Selanjutnya keenampuluhtiga mahasiswa tersebut menerima penjelasan sekilas tentang MM yg didirikan sejak Desember 2018 namun 2019-2020 ditutup karena pandemi Covid19, semula bangunan MM merupakan bekas gedung Pelindo 2 Cabang Tanjung Priok.

Sementara ini belum dibuka untuk umum karena masih dalam renovasi menyesuaikan tampilan meseum setelah penggabungan Pelindo I, II, III dan IV menjadi satu Pelindo (persero) meliputi pelabuhan-pelabuhan seluruh Indonesia.

Dijelaskan oleh Tiana di Jakarta ada 2 Museum Maritim, satu Meseum Bahari di Ancol dan satu lagi di Pelindo II Tanjung Priok.

Perbedaannya Museum Bahari khusus tentang Kebaharian Kapal, Biodata Laut sedangkan Museum Maritim tentang Histori Pelabuhan Batavia dan Tanjung Priok dengan kapal-kapal ukuran besar milik VOC.

Sementara itu Bapak Bagus menjelaskan tentang penggabungan Pelindo serta aktivitas usaha di Pelabuhan Tanjung Priok, pelayanan kapal dan barang, terminal-terminal yang ada, peralatan Pelabuhan. Diselingi dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya antara lain Ballis, Varello, dan lainnya diberikan penjelasan oleh Bapak Bagus dan tim nya.

Selanjutnya para mahasiswa diajak keliling ruang museum di lantai dasar sisi timur dan barat, diakhiri dengan foto bersama.

Kunjungan dilanjutkan ke pilot stasiun di dermaga kepanduan berkesempatan foto bersama. (yp/sa_unj)