18 April 2024
Nasional

KPU Pantau Kesiapan Logistik Pemilu 2024 di Badung Bali

Fajar Metro -Dalam upaya memastikan kesiapan logistik Pemilu 2024, Ketua KPU Hasyim Asy’ari bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno melakukan monitoring Gudang Logistik dan Sortir Lipat Surat Suara Pemilu Tahun 2024, di Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan pemantauan gudang logistik serta tempat penyortiran dan pelipatan surat suara ini dilakukan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian telah berjalan sesuai dengan prosedur dan tepat waktu.

Hasyim menjelaskan bahwa target distribusi logistik dalam negeri sudah melalui tahap penjadwalan yang matang. “Target distribusi surat suara di dalam negeri paling lambat 15 Januari,” kata Hasyim.

Kemudian, pencetakan surat suara, lanjut Hasyim, dilakukan di beberapa daerah berbeda, baik yang dilakukan langsung di daerah maupun yang terpusat, seperti surat suara pemilihan presiden dan DPD.

“Jika proses cetak surat suara sudah mendekati 100 persen, maka setiap percetakan akan mendistribusikan ke kabupaten/kota. Semua di Indonesia saat ini dalam status distribusi menuju kabupaten/kota,” ungkapnya.

Merespon soal kerusakan kotak suara di gudang logistik KPU Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan akibat banjir, Hasyim mengatakan KPU sudah menanganinya dengan mengganti kotak suara yang tidak dapat digunakan.

“Sudah ditangani. Tanggal 8 Januari, ditinjau langsung dan diperiksa. Kotak suara yang tidak bisa digunakan telah diganti,”pungkas Hasyim.

Turut hadir Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Pj. Gubernur Bali Mahendra Jaya, Bupati Badung, Ketua, Anggota dan Jajaran Sekretariat KPU Provinsi Bali, Ketua, Anggota dan Jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Badung, serta Jajaran Forkopimda Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.