30 May 2024
Nasional

Kolaborasi Gebyar Vaksinasi Massal Forum RT/RW, Puluhan Ormas Raih Piagam Penghargaan Walikota Jakarta Utara

Puluhan organisasi masyarakat (ormas) meraih piagam penghargaan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (14/10). Penghargaan diraih atas keterlibatannya dalam kolaborasi menyukseskan Gebyar Vaksinasi Massal yang diinisiasi Forum RT RW Jakarta Utara, Sabtu (11/9) lalu.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan piagam penghargaan yang diberikan merupakan ungkapan rasa terima kasih atas keterlibatan ormas dalam menyukseskan Gebyar Vaksinasi Massal di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara. Kesuksesan kegiatan itu menunjukkan kepedulian dan empati tinggi ormas terhadap upaya penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami sampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada ormas ini dalam bentuk piagam penghargaan. Kami bukan hanya melihat kegiatan vaksinasinya, tapi kegiatan ini sukses diinisiasi dan dilaksanakan bersama-sama ormas di Jakarta Utara. Ini suatu hal yang luar biasa,” kata Ali saat ditemui di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (14/10).

Ali yang didampingi Wakil Walikota Administrasi Jakarta Utara, Juaini pun tak menyangka perbedaan dan keberagaman seragam (identitas) setiap ormas yang terlibat dalam kegiatan ini mampu menyatukan tujuan memberikan manfaat dan membahagiakan warga Jakarta.

Ini diartikan setiap ormas memiliki kebesaran hati mundur selangkah demi kepentingan masyarakat. Sebaliknya tidak memikirkan egoisme identitas masing-masing ormas yang justru berdampak buruk ke depannya.

“Itu sangat luar biasa, setiap ormas khususnya ketua ormas memiliki kebesaran hati mundur selangkah menerima tugas vaksinasi. Organisasinya memang berbeda-beda, tapi setiap ormas ini mampu menyatukan tujuan kegiatannya dalam naungan Jakarta Utara Rumah Kita demi memberikan manfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Forum RT RW Jakarta Utara, Suaib menerangkan Gebyar Vaksinasi Massal yang digelar saat itu merupakan suatu bentuk kesuksesan komunikasi lintas ormas di Jakarta Utara. Dengan kebersamaan seperti ini, penanggulangan pandemi Covid-19 diyakininya terasa lebih ringan.

“Kami mencoba membangun komunikasi dengan kawan-kawan ormas dari Jakarta Utara untuk bagaimana kemudian kondisi saat ini (pandemi Covid-19) kita jadikan satu hikmah bahwa dengan kekompakan, persatuan, dan kesatuan kita ini menghadapi permasalahan tentunya akan lebih mudah,” tutupnya.