15 July 2024
IbukotaNasional

Ketua KADIN DKI JAKARTA Diana Dewi Berikan Solusi Masalah Sampah 

Fajar Metro – Sampah selalu menjadi masalah krusial di banyak daerah, tak terkecuali di Jakarta. Penanganan limbah yang berasal dari berbagai tempat ini selalu memusingkan, terutama ditengah jumlah penduduk yang terus meningkat.

Alih-alih Jakarta mau jadi Kota Global, namun sejauh ini belum ada solusi konkrit terkait penanganan sampah.

“Masalah sampah butuh penanganan yang tepat dan berorientasi ramah lingkungan,” kata pengusaha sukses yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Diana Dewi, dalam keterangan resminya di Jakarta.

“Langkah prioritas yang perlu dilakukan adalah mencari solusi di sisi hulu terlebih dahulu, seperti menekan produksi sampah dengan metode yang ramah lingkungan dengan penggunaan “Maggot”. Juga meningkatkan gerakan pemilahan sampah organik-non organik ditingkat RT/RW hingga memaksimalkan peran ‘Bank Sampah’.” Lanjutnya.

Saat ini bergulir beberapa rencana terkait penanganan masalah sampah. Mulai dari pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) dan Pulau Sampah.

“Mungkin untuk jangka pendek, solusi ini bisa tepat. Namun, terkhusus Jakarta, rasanya tidak bisa hanya mengandalkan pendekatan seperti itu saja, Di sisi lain, banyak para ahli lingkungan hidup menilai dua solusi tersebut memiliki dampak buruk bagi lingkungan yang sudah memiliki masalah polusi udara.” Tutup Diana.(yp)