18 July 2024
Nasional

Kalahkan Viktor Laiskodat, Caleg NasDem DPR RI Dapil NTT II Mundur

Fajar Metro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima surat pengunduran diri calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem┬ánomor urut 5 di daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur II, Ratu Ngadu Bonu Wulla.

Surat pengunduran diri itu disampaikan saksi dari Partai NasDem kepada Anggota KPU RI, August Mellaz, yang sedang memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional panel B.

“Baik, terima kasih untuk saksi dari Partai NasDem. Tentu, suratnya kami terima. Nanti kami akan pelajari sendiri,” kata Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/3/2024).

1. KPU enggan ungkap alasan caleg NasDem mundur

Kalahkan Viktor Laiskodat, Caleg NasDem DPR RI Dapil NTT II Mundur
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mellaz menyebut tidak akan menyampaikan substansi dari surat pengunduran diri tersebut dalam forum rekapitulasi.

“Kami juga tidak akan sampaikan di forum ini substansinya apa, karena yang pasti ini kan prosesnya memang rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilu, baik Presiden-Wakil Presiden, DPR, dan DPD untuk Provinsi NTT,” ujarnya.
2. Ratu Ngadu Bonu Wulla disebut mundur karena kemauan sendiri
Kalahkan Viktor Laiskodat, Caleg NasDem DPR RI Dapil NTT II Mundur
Eks Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat. (ANTARA/Benny Jahang/aa.)
Sementara, saksi dari Partai NasDem menyatakan surat pengunduran diri tersebut merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.
“Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai NasDem pada KPU, dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) RI terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II,” ujar saksi tersebut.
Saksi NasDem tersebut menjelaskan alasan pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla, adalah sesuai dengan kehendak yang bersangkutan.
“Alasan pengunduran diri sesuai dengan kehendak yang bersangkutan dan di atas meterai. Dan untuk itu karena suratnya ke KPU RI, saya tidak berhak untuk membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya,” ujarnya.
“Dengan demikian perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai NasDem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri,” sambungnya.
3. Ratu Ngadu Bonu Wulla kalahkan suara mantan Gubernur NTT
Kalahkan Viktor Laiskodat, Caleg NasDem DPR RI Dapil NTT II Mundur
Anggota Komisi IX DPR RI Ratu Ngadu Bonu Wulla. (ANTARA/HO-DPP NasDem)
Berdasarkan rekapitulasi yang disahkan KPU RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla yang merupakan legislator DPR RI periode 2019-2024 meraih 76.331 suara.
Anggota Komisi IX DPR RI tersebut memperoleh suara terbanyak dibandingkan enam calon lainnya dari NasDem di Dapil NTT II. Sementara, di posisi kedua ditempati caleg nomor urut 1, yakni mantan Gubernur NTT periode 2018-2023 Victor Bungtilu Laiskodat yang mendapatkan 65.359 suara.
Secara keseluruhan yang memilih Partai NasDem dan calegnya mendapatkan 207.732 suara, meliputi 10.831 orang yang memilih partainya saja.
Diketahui, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.(YP)
Sumber: idntimes