14 June 2024
Nasional

KADIN Indonesia Gelar acara Forum Group Discussion (FGD) 2022

Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan dunia, Presiden Republik Indonesia Bpk. Joko Widodo baru-baru ini memberi arahan kepada seluruh jajaran pemerintah, untuk dapat meningkatkan produksi pangan dalam waktu dekat ini.

Selain beras, jagung menjadi salah satu bahan pangan yang diprioritaskan untuk dapat ditingkatkan produksinya.

Menyikapi hal tersebut, KADIN Indonesia menggelar acara Forum Group Discussion (FGD), bertopik “Transformasi Industri Jagung Nasional untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Peningkatan Ekonomi Nasional”, pada Kamis, 6 Oktober 2022 secara hybrid bertempat di Menara Kadin, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Pertanian Arif P. Rachmat, yang menjelaskan FGD Nasional kali ini akan mencoba merumuskan arah dan strategi pengembangan ke tingkat berikutnya. Selanjutnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto memberikan keynote speech seputar kebijakan dan strategi memperkuat ketahanan pangan nasional secara daring.

Dalam kesempatan tersebut, dibahas perihal 3 strategi kunci dalam upaya memperkuat ketahanan pangan, yaitu:
1. Pengamanan pasokan kebutuhan dalam negeri melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi.

2. Peningkatan efisiensi di semua lini kegiatan rantai pasok

3. Diversifikasi pangan dengan keragaman komoditi bahan pangan lain seperti kedelai, singkong, sorgum, dan sebagainya (Yamin)