18 July 2024
Nasional

Gibran Bantah Kampanye di Car Free Day, Pengamat Pertanyakan Tujuan Bagi-bagi Susu

Fajar Metro – Calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka mendatangi car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Ahad, 3 Desember 2023. Dia membagikan susu gratis kepada warga yang datang ke kawasan bebas kendaraan bermotor itu. Menurut Gibran, kegiatan tersebut tidak dalam rangka kampanye.

Pernyataan putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu dipertanyakan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti. “Kalau begitu ngapain bagi-bagi susu di situ?” kata Ray saat ditemui di kantor Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jakarta Selatan, Ahad, 3 Desember 2023.

Ray berujar kegiatan Gibran membagikan susu tetap merupakan bentuk kampanye, meskipun tidak membawa alat peraga kampanye (APK). Pasalnya hal tersebut dilakukan Gibran dalam masa kampanye resmi. “Sebelumnya dia tidak pernah bagi-bagi susu (di CFD), kenapa baru di masa kampanye dia lakukan itu?”

Apalagi, Ray berujar, susu gratis dapat diasosiasikan dengan visi dan misi yang diusung pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Diketahui, pasangan calon itu mengklaim akan membagikan makan siang dan susu gratis bagi siswa sekolah jika menang Pilpres 2024.

Ray pun menyatakan kriteria suatu kegiatan dapat dianggap kampanye tidak bisa dinilai dari adanya ajakan memilih atau alat peraga kampanye saja. Menurut dia, standar tersebut merupakan standar yang sudah usang. “(Kampanye saat ini) cukup buat gimmick-gimmick saja,” ujar Ray.

Sebelumnya, Gibran membantah melakukan kampanye saat CFD pada Ahad, 3 Desember 2023. “Kan tanpa alat peraga kampanye (APK),” ujar Gibran di kawasan Jalan MH Thamrin.

Menurut Gibran, dirinya bersama beberapa politikus dari PAN seperti Uya Kuya, Sigit Purnomo Said atau Pasha Ungu dan Tim TKN Rahayu Saraswati datang ke CFD untuk menyapa warga dan membagikan susu gratis.

“Kita ‘kan enggak melakukan pengajakan untuk pencoblosan atau apa ‘kan enggak,” kata dia.

Meski demikian, Gibran mengaku ada alasan pihaknya memilih CFD di Jalan MH Thamrin sebagai lokasi membagi-bagi susu. “Kami pilih lokasi paling dekat saja dan paling banyak massa,” kata dia singkat.

Seperti diketahui, kawasan CFD selama ini dilarang untuk aktivitas politik seperti kampanye dan lainnya. Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor itu dikhususkan bagi warga Jakarta yang ingin melakukan aktivitas olahraga dan sebagainya untuk menghirup udara tanpa polusi kendaraan bermotor.(YP)

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1804729/gibran-bantah-kampanye-di-car-free-day-pengamat-pertanyakan-tujuan-bagi-bagi-susu