19 May 2024
Nasional

Film Susuk Kutukan Kecantikan Siap Memikat dan Meneror Penonton Mulai 31 Agustus 2023

 

Jakarta, Film horor terbaru dari Visinema Pictures bekerjasama dengan Legacy Pictures dan Visionari Capital Film Fund, “Susuk: Kutukan Kecantikan,” akan segera tayang mulai 31 Agustus 2023. Film produksi GoodWork ini lebih dari sekadar film horor biasa, mengusung pesan penting tentang masalah rasa tidak aman yang dialami oleh perempuan.

Dibintangi oleh Hana Malasan, Ersya Aurelia, dan Jourdy Pranata, “Susuk: Kutukan Kecantikan” mengangkat mitos tentang susuk, yaitu cara memasukkan benda asing secara mistik ke dalam tubuh seseorang untuk mendapatkan kelebihan tertentu. Susuk sering diasosiasikan dengan ilmu gaib yang membuat penggunanya sulit mati jika belum mencabutnya. Film ini mengeksplorasi mitos susuk dengan lebih mendalam dan menghadirkannya dalam suasana teror, sembari juga membahas fenomena rasa tidak aman yang dialami oleh perempuan.

Novi Hanabi, selaku produser film ini, mengungkapkan, “Ketika kami berdiskusi tentang susuk, ada sesuatu yang mencerminkan perasaanku, terutama banyak perempuan di luar sana yang merasa tidak aman dengan penampilan mereka. Sehingga untuk tampil lebih baik, banyak orang menggunakan cara instan dengan menggunakan susuk. Fenomena ini menarik untuk kami angkat melalui ‘Susuk: Kutukan Kecantikan,’ beserta semua risiko yang mungkin dihadapi di masa depan.”

Angga Dwimas Sasongko, produser eksekutif film ini sekaligus pendiri dan CEO Visinema Pictures, juga memberikan pandangannya mengenai konsep cerita film. Baginya, film ini tidak hanya tentang horor semata, tetapi juga membawa perlakuan khusus yang membedakan film ini dari film horor lainnya.

“Film horor memiliki tempat istimewa di hati penonton Indonesia. Visinema melihat ini sebagai sesuatu yang perlu didukung. Kehadiran film ini adalah bagian dari dukungan kami terhadap pertumbuhan genre horor. Tetapi lebih dari itu, film ini juga menjadi fenomena yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Film ini membawa mitos yang banyak dipercayai di sekitar kita, cerita yang kuat, dan juga dikemas dengan kualitas yang berbeda. Ini bukan hanya tentang horor semata, melainkan juga tentang teror dan unsur gore di dalamnya,” ungkap Angga Dwimas Sasongko.

Dalam rangka melengkapi suasana horor, lokasi syuting “Susuk: Kutukan Kecantikan” dipilih di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan pemilihan lokasi yang menakutkan seperti hutan, kuburan, dan tempat-tempat menyeramkan lainnya, film ini semakin mendalam dalam suasana horornya. Selain itu, pemain-pemainnya telah melakukan pendalaman peran dan riset sesuai dengan karakter yang dimainkan.

Film ini juga menggali dunia malam sebagai latar belakang cerita. Laras, salah satu karakter dalam film, memiliki keterlibatan dengan dunia malam. Oleh karena itu, Hana Malasan, yang memerankan Laras, melakukan riset di tempat-tempat yang relevan dengan karakter tersebut. Hal ini sebagai persiapan yang maksimal, terutama karena “Susuk: Kutukan Kecantikan” merupakan film horor pertama yang ia bintangi.

Ersya Aurelia, yang juga menjadi pemeran utama dalam film ini, melihat film ini sebagai kesempatan kembalinya ke layar lebar. “Ketika saya mendengar ceritanya, saya merasa tertantang untuk kembali ke dunia film. Karakter dan ceritanya mirip dengan kisah hidup saya. Menurut saya, dalam cerita ini terdapat banyak sisi dari diri saya yang belum ditampilkan dalam film sebelumnya,” ujar Ersya Aurelia yang memerankan Ayu.

Melalui dua pemeran utama perempuan ini, film “Susuk: Kutukan Kecantikan” mengangkat pesan tentang rasa tidak aman dengan cara yang unik, melalui genre horor. Pesan tersebut diarahkan dengan tegas oleh sutradara Ginanti Rona. “Sebagai seorang sutradara perempuan, saya merasa lebih percaya diri dan dekat untuk menyampaikan pesan tentang perempuan melalui film ini. Budaya menonton film horor memiliki daya tarik yang kuat di Indonesia, sehingga saya ingin membuat film yang memiliki ciri khas tersendiri. Pesan ini adalah bagian dari ciri khas tersebut,” kata Ginanti Rona, sutradara film “Susuk: Kutukan Kecantikan.”

Sebelum tayang secara resmi di bioskop, film “Susuk: Kutukan Kecantikan” akan menggelar Special Screening pada Sabtu, 26 Agustus 2023, di berbagai lokasi seperti CGV Cyber Park Bekasi, Cinepolis Detos Depok, Tasik XXI, dan Ciplaz Lampung XXI. Pada Minggu, 27 Agustus 2023, acara serupa akan berlangsung di Grage Mall Cirebon XXI, Sleman City Hall XXI, Cinepolis Malang Town Square, dan Rajawali Cinema Purwokerto.

Film “Susuk: Kutukan Kecantikan” dibintangi oleh Hana Malasan (sebelumnya dalam “22 Menit” dan “Ben & Jody”), Ersya Aurelia (“Killers” dan “Enam Batang”), serta Jourdy Pranata (“Kukira Kau Rumah” dan “Pengabdi Setan 2”). Selain mereka, sejumlah pemeran berbakat lainnya juga ikut memeriahkan film ini, termasuk Muhammad Khan, Elang El Gibran, Izabel Jahja, Whani Dharmawan, dan M.N Qomaruddin.

Film “Susuk: Kutukan Kecantikan” mengisahkan tentang Laras (Hana Malasan), seorang PSK yang berusaha berhenti dari pekerjaannya dan memperbaiki hubungannya dengan adiknya, Ayu (Ersya Aurelia). Namun, sebuah ke

celakaan mengubah takdir Laras menjadi terjebak dalam sakaratul maut. Tubuhnya tetap hidup, tetapi mulai membusuk seperti mayat. Bersama Arman (Jourdy Pranata), Ayu mencari cara untuk menyembuhkan Laras. Namun, teror yang diciptakan oleh susuk di tubuh Laras semakin meresahkan Ayu, Arman, dan warga desa.

Film “Susuk: Kutukan Kecantikan” akan tayang mulai 31 Agustus mendatang. Ikuti berita terbaru mengenai film ini melalui akun resmi Instagram @filmsusuk.