19 May 2024
Nasional

Fahira Idris Apresiasi Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta Gelar Jumat Berkah dan Tanam Pohon di Bantaran Kali Ciliwung

Jakarta, Ketua Umum Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta masa bakti 2022-2027 yang juga merupakan sebagai Wakil Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Utara Ir. Juaini Yusuf, MM bersama para Pimpinan dan Anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas (FLO) Provinsi DKI Jakarta mengelar kegiatan rutin Jumat Berkah bertempat di Mesjid Jami Nurul Huda Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di wilayah Bantaran Sungai Kali Ciliwung Pedepokan Bang Lantur Jl. H. Mursali No.99, RT.8/RW.1, Balekambang, Kecamatan Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Jumat (27/01/2023).

Kegiataan ini juga dihadiri Perwakilan Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur Bapak Teguh, Lurah Balekambang Herman Triono, S. Sos., Perwakilan Camat Kramatjati, Bhabinkamtas Balekambang Aiptu Abdul Basit, SH, serta Para Pimpinan, Pengurus dan Anggota Ormas yang tergabung di dalam Forum Lintas Ormas atau yang disingkat FLO Provinsi DKI Jakarta diantaranya adalah Bang Japar, Senkom, LDII, LMP, Kembang Latar, Parmusi, Ahli Bait dan ormas lainnya yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan Jumat Berkah tersebut dibagikan sebanyak 350 paket yang berupa Snack dan nasi box kepada jamaah sholat Jumat di Masjid Jami Nurul Huda. Paket Jumat Berkah tersebut berasal dari para donatur dari Pimpinan Ormas, Pengurus dan Anggota Forum Lintas Ormas Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Umum Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta Ir. Juaini Yusuf, MM menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Berkah dan Penaman Bibit Pohon yang digelar tersebut, Alhamdulillah berjalan lancar.

“FLO Provinsi DKI Jakarta ada 6 wilayah, terdiri dari beberapa Pimpinan ormas yang tergabung, hari ini kami melaksanakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Jumat, nama Kegiatannya Jumat Berkah. Kegiatan kami, berbagi pada warga sekitar setelah menunaikan Sholat Jumat, kemudian dilanjutkan dengan memberikan Bingkisan ke Masjid atau Mushola yang sudah ditentukan dilanjutkan penanaman pohon biasanya di Masjid Atau Musholah yang menjadi titik kumpul. Tetapi, kali ini berbeda, khusus di Bantaran Kali Ciliwung. Ini salah satu Komitmen FLO DKI Jakarta untuk mendukung Pemprov DKI Jakarta yang saat ini di jabat oleh Pj. Gubernur dengan program Penghijauan. Selain penangulanan banjir, melaksanakan penataan kota dan juga hari ini penananan pohon ini adalah wujud komitmen dari FLO akan selalu mendukung setiap kegiatan dan yang dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta.” ujarnya.

Ir. Juaini Yusuf, MM meneruskan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dan dikembangkan selama FLO Provinsi DKI Jakarta itu ada dan eksis. Kegiatan dimanapun nantinya, juga akan disatukan dengan Penghijauan dari Masjid. Kami berharap, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat DKI Jakarta.
.
Lurah Balekambang Herman Triono, S. Sos., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Sangat bangga dan tersanjung, karena kegiatan Forum Lintas Ormas ini di adakan di kelurahan Balekambang.

“Saya berharap kita dapat bekerjasama, dapat membantu pemerintahan daerah dalam hal ini. Apalagi di tahun ini sudah memasuki tahapan pemilu mungkin bisa membantu pemerintah dalam hal deteksi dini, terhadap gejala-gejala yang mungkin saja terjadi. Sekali lagi saya berterima kasih atas kegiatan ini yang mengapresiasi sekali.” ujar Herman Triono, S. Sos Lurah Balekambang, Kramatjati Jaktim.
.
Ditempat yang sama Perwakilan Kesbangpol Jakarta Timur Bapak Teguh menyampaikan bahwa, Pihak Kesbangpol menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Lintas Ormas Provinsi DKI Jakarta dengan mengadakan Jumat Berkah, kami menyambut baik, ini kegiatan yang positif sekali. Semoga ini menjadi inspirasi dan gagasan baik untuk kita semua, untuk selalu berbuat kebaikan dan menjadi contoh untuk organisasi masyarakat (ormas) yang lain khususnya di Jakarta Timur. Prinsipnya kami menyambut baik, semoga menjadi insiprasi buat ormas yang lain.” katanya.
.
Komandan Bang Japar atau Kebangkitan Jawara dan Pengacara wilayah Jakarta Timur, Musa Marasabessy,SH Sebagai Ketua Panitia Memaparkan tentang kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

“Alhamdulillah hari ini Forum Lintas Ormas DKI Jakarta mengadakan Jumat berkah dan sekaligus penananan pohon dibantaran Kali Ciliwung, Alhamdulillah respon teman-teman lintas ormas sangat mendukung, dan ini juga program yang sangat luar biasa, kita terus berbuat yang terbaik untuk warga DKI Jakarta” imbuhnya.
.
Lebih lanjut Musa Marasabessy,SH Komandan Bang Japar Jakarta Timur menjelaskan.

“Itulah tujuan berdirinya Forum Lintas Ormas dimana kita Guyub dan Akrab, itu juga dapat menjaga Keamanan, Ketertiban di wilayah Kota Admintrasi Jakarta Timur. Pesan Bapak Walikota Kota Admintrasi Jakarta Timur bahwa Jakarta Timur adalah rumah besar bagi kita semua, kita jaga semaksimal mungkin, kegiatan Pemilu Tahun 2024 kita doakan semoga berjalan dengan lancar dibawah untuk kebaikan kita semua.” tutupnya.
.
Fahira Idris Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta sangat mendukung dan mengapresiasi kepada jajaran Pimpinan Forum Lintas Ormas Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan Rutin dengan Berbagi untuk sesama, dan Peduli untuk Lingkungan Sekitar, semoga membawa dampak baik untuk warga DKI Jakarta.
.
“Program Ormas FLO Menanam dan dari Masjid dimulainnya, hinggal ke sungai dan lainnya adalah baik dan mulia. Semoga terus diberikan kesehatan Bapak Ketum dan Ibu Sekjen beserta para Pimpinan Ormas di DKI Jakarta. Terus bergerak dan bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya”, ujar Fahira Idris dalam keterangannya.