15 April 2024
Nasional

Elsa Salsadila Seorang Mahasiswi Asal Kabupaten Nganjuk Jawa Timur Kini Lolos Sebagai Duta Maritim Indonesia 2023 Aspeksindo

Jakarta,  Elsa Salsadila adalah seorang mahasiswi yang berprestasi asal Kabupaten Nganjuk yang saat ini menempuh pendidikan Double Degree di Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Program Studi Teknik Kelautan dan di Universitas Terbuka Program Studi Sastra Inggris kini telah lolos sebagai perwakilan Kabupaten Nganjuk Jawa Timur sebagai Duta Maritim Indonesia 2023 Aspeksindo. Sekolah Duta Maritim yang telah diselenggarakan oleh Aspeksindo (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) akah dilaksanakan pada tanggal 11 – 17 Agustus 2023 di Jakarta. Sekolah Duta Maritim ini adalah ajang prestasi Tingkat Nasional.

ASPEKSINDO adalah organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri. Tujuan dari ASPEKSINDO ini yaitu untuk memberikan informasi dan sharing pengalaman dalam pengelolaan sumber daya wilayah kepulauan dan pesisir yang berkemajuan, serta mendorong generasi muda untuk dapat mengetahui isu isu yang saat ini terjadi pada kemaritiman di Indonesia.

Adapun jumlah peserta yang telah mendaftar beasiswa Sekolah Duta Maritim Indonesia Aspeksindo ini berkisar 651 peserta tetapi hanya diambil 100 peserta yang akan mendapatkan beasiswa terserbut, dan salah satunya Elsa Salsadila. Tak hanya cantik, prestasi yang telah diraih Elsa ini telah membanggakan kedua orang tuanya yang merupakan penduduk perdesaan yang bisa menjadi Duta Maritim Indonesia 2023.

“Serangkaian seleksi telah dilakukan mulai dari seleksi administrasi yang membuat sekitar 500 peserta gugur pada tahap ini, tahapan seleksi administrasi meliputi pembuatan video berupa potensi wisata bahari serta potensi maritim daerah. Setelah selesai tahap administrasi diambil sekitar 124 peserta untuk melanjutkan pada tahap seleksi wawancara, seleksi ini menurut saya lumayan berat karena harus memperluas wawasan mengenai isu maritim saat ini,” pungkasnya.

“Bagi Elsa, dapat mewakili Kabupaten Nganjuk ke tingkat nasional merupakan suatu kebanggaan tersendiri, karena dari 651 peserta yang telah daftar dan hanya 100 peserta yang lolos dan Elsa adalah salah satu generasi muda yang lolos. Terlebih dia juga mendapatkan dukungan dari Bapak Muhamad Kemal Idris, S.I.K, M.Si. selaku dosen pembimbing di ITL Trisakti yang telah membantu proses seleksi tersebut. Hal ini menjadi suatu kehormatan bagi Elsa karena telah mendapatkan dukungan tersebut dan akan terus bersemangat untuk membanggakan nama baik Kabupaten Nganjuk, serta institusi dan keluarga yang telah mendukung Elsa,” ucap Elsa dalam keterangannya, Rabu (9/8).

Selanjutnya akan ada update kegiatan selama di Sekolah Duta Maritim, dan akan disebarluaskan pada sosial media yang Elsa miliki serta akan dibantu oleh beberapa media mengenai update kegiatan ini.

Fahira Idris Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta yang juga Mitra Kementrian Kelautan dan Perikanan mengucapkan Selamat dan Sukses atas prestasi yang luar biasa dan mengharumkan Daerahnya.

“Saya mengucapakan Selamat dan Sukses kepada Elsa Salsadila, semoga kelak banyak yang bisa Elsa rubah untuk Indonesia, Perikanan, Maritim dan Masyarakatnya. Kami mendoakan semoga lancar semuanya”, ujar Fahira Idris dalam keterangannya.