16 April 2024
Nasional

Dandim 0503/JB Kolonel Kav. I Made Maha Yudhiksa Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

JAKARTA,Komando Distrik Militer ( Kodim ) Kolonel Kav. I Made Maha Yudhiksa S.Sos., M.M di dampingi kepala staf kodim (Kasdim) Letkol Inf Dwi Tantomo, S.I.P, melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0503/JB, Kamis (10/11/22).

Hadir dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini antara lain, Kasdim 0503/JB. Letkol Inf Dwi Tantomo, S.I.P, Para Pasi Kodim0503/JB, para Kaur Kodim0503/JB, para Danramil 01-07 serta Para PNS dan Babinsa 01-07 SeJajaran Kodim0503/JB.

Adapun sebagai pelaksana Petugas Upacara yaitu, Irup ; Dandim 0503/JB, Danup ; Danramil 06/KD, Paup ; Kapten Inf Abdul Kholik. GanKaur Bakti Sterdim 0503/JB.
Sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945 ; Srt Yulianto, Pembaca Pesan-pesan Pahlawan ; Kapten Chk Sofzudin, S.Hi., S.H, Petugas Pengibar Bendera Merah Putih adalah ;
– Serda Harry Agustin
– Koptu Fauzan Hilmi
– Koptu Didik Tri S
Sebagai Ajudan Irup ; Serda Agus Toni, Danton Berpedang ; Pelda Suwarno, Pembawa Acara ; PNS Dahlia, S.Pd.
dan sebagai Pembaca Doa ; Srt Teguh.

Rangkaian Upacara dimulai saat Pasukan upacara memasuki lapangan upacara kemudian Danup memasuki lapangan upacara dilanjutkan Laporan Paup kepada Irup setalah itu Irup memasuki lapangan upacara. Penghormatan pasukan upacara kepada Irup dilanjutkan Laporan Danup kepada Irup. Kemudian Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan “INDONESIA RAYA”. Usai pengibaran Bendera acara berlanjut Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Irup *(dilaksanakan pukul 07.15 Wib waktu setempat selama 60 detik ditandai bunyi sirine)*.

Kemudian Pembacaan Teks Pancasila oleh Irup diikuti oleh seluruh peserta upacara.
Pembacaan Teks Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh petugas upacara. Pembacaan Pesan-pesan Pahlawan,
Amanat Irup, Pembacaan Do’a, Andhika Bhayangkari, Laporan Danup kepada Irup. Penghormatan pasukan upacara kepada Irup, setelah itu Upacara selesai.

Dandim 0503/JB Kolonel Kav. I Made Maha Yudhiksa dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia pada Inti Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 mengatakan,
“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air puji syukur kita panjatkan karya Tuhan yang maha kuasa ada beberapa rahmat dan karunianya pada hari ini tanggal 10 November Tahun 2022 bisa memperingati hari pahlawan selain memanjatkan doa terbaik bagi seluruh pahlawan bangsa yang gugur di medan laga mari pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa dari perjuangan yang gugur dalam petualangan pertempuran mempertahankan kemerdekaan,” paparnya.

Terpenting kita harus rapi, semangat dan penuh keikhlasan. Bahkan dengan hanya berbekal bambu runcing pun para pahlawan dengan semangat bergerak menghancurkan musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia. Dengan kegiatan terbaiknya rakyat berkenalan tangan dengan para tokoh masyarakat dan pembuka agama berikut pengikut-pengikutnya dan santri-santrinya bersama laskar-laskar Pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara semuanya melebur menjadi satu merdeka atau mati,’ tandasnya.

“Kemerdekaan bukan pemberian siapapun Sekali merdeka tetap merdeka. Mereka pada masanya mengajarkan kepada kita beragam nilai untuk kita ikuti sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman dengan senjata dengan pikiran, dengan karya-karya nyata para pahlawan bangsa yang telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecinta, kita tidak akan pernah rela untuk bersibuk dan menyerah kalah sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada mendorong dari Aceh hingga Papua. saya melihat semangat untuk bangkit masyarakat di manapun berada menyuarakan untuk terus berantas kebodohan dan kemiskinan, dalam arti yang luas mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan sampai dengan budidaya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya
Saudara-saudara, sebangsa dan setanah air
Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah
merasuk sukma,” bebernya.

kiranya menjadi semangat kita di
Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku
Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat,
Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 Bersama kita perkuat persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa. Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan
dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal,
kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk
menyongsong masa depan yang cerah.
Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi
kita menata masa depan dan menjadi Pemenang.
Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” tutup Dandim 0503/JB.