4 March 2024
Nasional

BPK RI Melaunching Buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK – RI

JAKARTA, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) pada hari Kamis (21/10/2021) pukul 10.00 WIB di Gedung Pusat BPK RI jalan Gatot Subroto No. 31, Jakarta Pusat, mengadakan acara launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK RI.

Sesuai Pasal 11 huruf a Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 Tentang Badan
Pemeriksa Keuangan RI, maka BPK telah menyusun buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK RI dengan judul “Membangun Kembali Indonesia dari Covid – 19 : Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh. ”

Hadir dalam acara launching Buku Pendapat BPK RI tersebut, Ketua BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua BPK-RI Dr. Agus Joko Pramono, serta anggota 7 yang termasuk dalam struktur BPK RI.

Acara diadakan secara onsite dan online, dengan peserta melalui online para pejabat keuangan daerah tingkat provinsi.

Melalui sambutan dari Ketua BPK RI, mengucap syukur atas launching Pendapat (Strategic Foresight) BPK. “Kita bersyukur akan hari ini. Selain launching Pendapat BPK, juga me-launching situs http://foresight.bpk.go.id/. Ketika membicarakan foresight BPK, kita melibatkan peran serta masyarakat Indonesia dalam hal BPK RI mengeluarkan laporan pemeriksaan BPK. ”

“Foresight BPK dilakukan dengan melibatkan para pejabat tinggi negara, para praktisi dan masyarakat yang dapat memberikan masukan data kepada BPK RI. Covid -19 disertai disrupsi teknologi dan inovasi telah membuat dunia memasuki era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity).”

“Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpasitan tersebut dengan cara menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai berbagai kondisi,
peluang, tantangan dan risiko yang mungkin terjadi di masa dan pasca Pandemi.”

“Dalam Foresight BPK menjelaskan 4 Skenario untuk masa mendatang dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam melewati pandemi, ” ujar Ketua BPK-RI dalam memaparkan mengenai foresight BPK RI.

Setelah peluncuran foresight, acara dilanjutkan dengan meluncurkan situs resmi http://foresight.bpk.go.id/. Kemudian acara dilanjutkan dengan konfrensi pers yang langsung Ketua BPK-RI memberikan keterangan kepada pemerintah.