15 April 2024
Nasional

Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023 Agar Mampu Menskalakan Usaha serta Menginspirasi Pertumbuhan dan Inovasi

 

 

Startup teknologi solusi commerce yang berbasis di Indonesia, sukses menyelenggarakan “Indonesia SME Summit & Expo 2023 (ISSE 2023)” dengan mendorong lanskap bisnis bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat menskalakan usaha mereka dan meraih pertumbuhan yang berkesinambungan. Diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023, ISSE bertujuan untuk mendorong inovasi, kreativitas, dan pertumbuhan UMKM dalam era digital yang terus berkembang.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengajak masyarakat untuk merefleksikan peran industri UMKM yang memiliki daya tarik unik yang dihasilkan melalui sentuhan kreativitas. Dia menilai, kreativitas memiliki peranan penting dalam industri UMKM yang bergerak maju dan beralih ke ranah digital.

Hal senada disampaikan Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Fixy yang hadir dan sempat berkeliling booth pada ISSE 2023, menilai bahwa event ini merupakan ekosistem yang akan membantu UMKM, terutama masalah branding.

 

 

 

 

 

Sementara itu, Co-founder dan CEO Desty, Mulyono Xu mengemukakan, banyak UMKM yang sulit bertahan di masa pandemi, tetapi Indonesia merupakan bangsa yang ekonominya paling cepat pulih setelah pandemi. Hal itu disebabkan prinsip gotong royong dan kecepatan adaptasi digital yang merupakan fondasi UMKM di Indonesia. Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, bonus populasi dan sumber daya alam tidaklah cukup, dia mendorong perlunya gotong royong dalam adaptasi dan impelementasi digital.

Desty mengundang seluruh pihak yang tertarik untuk bergabung dalam acara ini yang penuh wawasan dan peluang untuk menjadi bagian dari Indonesia SME Summit & Expo 2023 yang membawa dampak positif bagi dunia bisnis Indonesia.