18 April 2024
Nasional

Aktivis Pro Israel Sebut Kemerdekaan Palestina Tak Diakui, Ini Jawaban Babeh Haikal Hasan

https://youtu.be/NJGC-F4gIjM?si=9BUw0fUk6q5KK_bL

Fajar Metro – Viral video pendakwah Ustaz Haikal Hasan berdebat dengan seorang aktivis pro Israel, Monique Rijkers, terkait peperangan Palestina dengan Israel.

Momen debat Ustaz Haikal Hasan itu diunggah oleh akun instagram @terang_media. Perdebatan pendakwah asal Betawi dengan Monique Rijkers itu tampak memanas tatkala keduanya memaparkan silsilah kemerdekaan Palestina.

Tidak mau kalah, Monique Rijkers pun mengeluarkan argumennya perihal tidak diakuinya kemerdekaan Palestina.

“Tahun 6 Masehi, bayangkan tahun 6 tahun 6, dia cerita tahun 135 Masehi. Ini tahun 6 Herodes sudah mengakui adanya Palestina,” kata Ustaz Haikal sambil menunjuk Monique Rijkers.

Monique Rijkers kemudian menimpali pernyataan Haikal Hasan terkiat Raja Herodes.

Menurut Monique Rijker, Herodes adalah Raja Yudea yang merupakan nama negara sebelum dinamakan Palestina.

“Herodes itu merupakan nama Raja Yudea sebelum Behedrian mengubah nama menjadi Palestina,” tutur Monique Rijker.

Haikal Hasan kembali membantah argumen Monique Rijker perihal, namun Monique mendekati dai berdarah Betawi itu sembari menunjuk-nunjuk Ustaz Haikal Hasan.

“Kalau tanggung-tanggung bicaranya, ya kaya begini. Kita itu mesti cerdas. Sampai dalam cerdasnya,” sindir Ustaz Haikal.

Seperti diketahui, pada Sabtu (7/10/2023) pekan lalu ratusan anggota Hamas berhasil melakukan infiltrasi ke wilayah Israel yang berbatasan dengan Jalur Gaza.

Infiltrasi dilakukan sesaat setelah Hamas meluncurkan serangan roket. Ratusan anggota Hamas yang berhasil memasuki wilayah Israel kemudian melakukan serangan ke beberapa kota di dekat perbatasan Gaza.

Pejuang Hamas dilaporkan melakukan penyerbuan ke 22 lokasi di Israel selatan pada Sabtu pagi, termasuk kota-kota dan komunitas kecil sejauh 24 kilometer dari perbatasan Gaza. Ketika mundur, mereka menahan sejumlah warga untuk dijadikan sandera.

Merespons operasi serangan Hamas, Israel telah meluncurkan Operation Swords of Iron dan membombardir Jalur Gaza. Target utamanya adalah markas atau situs lainnya yang berkaitan dengan Hamas.

Sumber: https://fajar.co.id/2023/10/14/debat-panas-haikal-hasan-dengan-activist-pro-israel-viral-bahas-silsilah-kemerdekaan-palestina/