15 July 2024
Internasional

Deretan 3 Negara Sekutu Pakistan yang Paling Ditakuti Iran

Fajar Metro – Terdapat beberapa negara sekutu Pakistan yang bisa saja bertindak jika Islamabad terkena masalah. Mengingat negara ini memiliki hubungan dagang yang luas dengan beberapa negara global.

Dari sudut pandang geopolitik, lokasi Pakistan sangat penting karena terletak di persimpangan rute transit maritim dan darat utama antara Timur Tengah dan Asia Selatan, sekaligus menjadi jembatan antara Laut Arab dan wilayah yang kaya energi di wilayah Tengah.

Hal tersebutlah yang membuat Pakistan memiliki hubungan bilateral yang cukup erat dengan beberapa negara. Negara Sekutu Pakistan

1. China

China telah memainkan peran penting dalam pembangunan, ekonomi dan keamanan Pakistan, hubungan ini dimulai pada tahun 1950.

Pada saat itu Pakistan menjadi salah satu negara pertama yang mengadakan hubungan diplomatik resmi dengan Republik Tiongkok (di Pulau Taiwan) dan mengakui Republik Rakyat Tiongkok. Sejak saat itu, kedua negara sangat mementingkan pemeliharaan hubungan khusus yang sangat erat dan saling mendukung dan kedua negara secara rutin saling melakukan kunjungan tingkat tinggi yang menghasilkan berbagai perjanjian.

2. Amerika Serikat Amerika Serikat telah memainkan peran penting dalam sejarah muda Pakistan, menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaannya pada tanggal 14 Agustus 1947.

Pakistan juga secara konsisten berada di pihak Amerika Serikat dalam permasalahan yang dihadapi selama Perang Dingin. Namun ketika Perang Melawan Teror terus berlanjut, Amerika Serikat dan Pakistan tidak sepakat mengenai strategi dan saling menuduh satu sama lain dalam berbagai hal.

Meskipun insiden-insiden ini melemahkan kepercayaan antara kedua negara, kedua negara akan terus menjalin hubungan yang sehat.

3. Negara Muslim Setelah Kemerdekaan, Pakistan langsung menjalin hubungan bilateral dengan negara-negara Muslim lainnya.

Negara ini selalu memperjuangkan hak kemerdekaan beberapa negara mayoritas muslim lain seperti, Indonesia, Libya, Aljazair, Tunisia, Mesir, Maroko, Somalia, Azerbaijan, dan Eritrea. Pakistan juga mendalangi serangan terhadap kota Jalalabad di Afghanistan selama Perang Saudara Afganistan untuk mendirikan pemerintahan Islam di sana.

Namun salah satu negara mayoritas Islam yang kurang akrab dengan Pakistan adalah Iran. Ini dimulai ketika Iran menuduh Pakistan melakukan kejahatan perang ketika pesawat tempur Pakistan membombardir benteng terakhir Syiah di Afghanistan untuk mendukung Taliban.

Itulah beberapa negara sekutu Pakistan yang bisa saja membantu ketika terkena masalah atau bersitegang dengan negara lain, seperti Iran. (YP)

Sumber: Sindonews.com