30 May 2024
Internasional

Barcelona Sepakat Tangguhkan Hubungan dengan Israel sampai Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Fajar Metro – Dewan Kota Barcelona sepakat untuk menangguhkan hubungan dengan Israel, Jumat (24/11) sampai ada gencatan senjata permanen di Gaza dan sampai Israel menghormati hak-hak dasar rakyat Palestina.

Dilansir Anadolu Agency, deklarasi penangguhan hubungan dengan Israel diajukan oleh partai sayap kiri Barcelona en Comun yang dipimpin Colau.

Kemudian juga didukung oleh Partai Sosialis pimpinan Collboni, serta partai separatis sayap kiri ERC.

Deklarasi tersebut mengutuk semua serangan terhadap penduduk sipil, baik yang dilakukan oleh Hamas maupun Israel.

Anggota penting pemerintah nasional Spanyol lainnya juga telah menyerukan negara tersebut agar memutus hubungan dengan Israel secara permanen. Termasuk mantan menteri dan anggota parlemen saat ini Ione Belarra.

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez melakukan perjalanan ke Israel dan Palestina untuk bertemu dengan rekan-rekan lokalnya pada Kamis (23/11).

Di sana, ia mengkritik tanggapan Israel terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober, dan menyebut situasi di Gaza sebagai bencana kemanusiaan.

Sanchez kemudian mendesak Israel untuk menghormati nyawa warga sipil dengan segala cara. Ia mengatakan bahwa jumlah kematian warga sipil tidak dapat diterima. (YP)

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2023/11/26/video-barcelona-sepakat-tangguhkan-hubungan-dengan-israel-sampai-gencatan-senjata-permanen-di-gaza