18 July 2024
Ibukota

Sudin KPKP Jakut Adakan Webinar Bahas Hewan Kurban

Fajar Metro – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menggelar webinar bertajuk “2024 Kupas Tuntas Pilih Hewan Kurban Tepat dan Cepat” secara virtual. Webinar melalui Zoom Meeting ini diikuti lebih dari 150 peserta.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan pengendalian tempat penampungan maupun pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan setiap tahun, serta memastikan hewan ternak kurban dalam kondisi sehat dan sesuai syariat.

“Webinar ini penting dan bermanfaat untuk diketahui masyarakat luas. Kami berharap peserta webinar dapat menyebarluaskan informasi yang didapat,” ujarnya, Selasa (4/6).

Ia menjelaskan, hingga saat ini jumlah penampungan atau penjualan hewan kurban di DKI sudah sebanyak 252 lokasi. Petugas terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk memastikan para mustahik atau penerima mendapatkan daging kurban yang aman, sehat, utuh, dan halal.

“Apabila ada yang mencurigakan seperti Anthrax, tidak sesuai umur atau lainnya, tentu akan kami tindak lanjut dengan cara memisahkan atau menandakan hewan itu,” terangnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh petugas teknis lapangan dan pemilik/penjual untuk memastikan pengolahan limbah hewan kurban agar masalah ini tidak terjadi ditengah masyarakat. Sekaligus, memastikan limbah pada hari H Hari Raya Idul Adha nanti, baik limbah cair maupun padat diolah dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

“Sesungguhnya wilayah Jakarta Utara ini sudah baik, mulai dari kondisi hewan kurban maupun pengolahan limbahnya. Diharapkan tahun ini bisa lebih baik dan ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto menambahkan, peserta webinar ini terdiri dari pengurus Dewan Masjid Indonesia, pengurus musala, petugas teknis lapangan Sudin KPKP, unsur kelurahan dan kecamatan di Jakarta Utara, serta masyarakat lainnya.

Menurutnya, dalam webinar ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dosen Fakultas Peternakan IPB, Muhammad Baihaqi.

“Peserta diberikan pembekalan terkait pemilihan hewan, pemotongan hewan, menghitung hasil daging, hingga cara menangani setelah penyembelihan sesuai syariat Islam,” tandasnya.