16 April 2024
Ibukota

Ribuan Warga Kelurahan Pulau Panggang Mengikuti Kegiatan Gotong Royong

Fajar Metro – Sekitar 1.550 warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengikuti kegiatan gotong royong di wilayah RW 04 dan 05 di Pulau Pramuka, Jumat (15/12/2023).

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023, tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari.

“Gotong royong ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi terhadap masyarakat dan meningkatkan kebersihan serta kesehatan lingkungan. Kegiatan ini juga kerap rutin kita laksanakan setiap Jumat,” kata Fakih.

Fakih menjelaskan, kegiatan seperti ini akan terus digencarkan di wilayahnya setiap hari Jumat, karena wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu berbeda dengan wilayah kota administrasi lainnya, yang melakukan aksi tersebut di hari Minggu.

“Hari Sabtu dan Minggu, di mana banyak wisatawan yang datang. Maka itu, kami adakan aksi ini setiap Jumat sekaligus mempersiapkan kunjungan wisatawan agar lingkungan tetap bersih dan rapi,” ucapnya.

Fakih menambahkan, gotong royong ini dilakukan di seluruh area-area publik dan lingkungan warga, seperti area dermaga, pantai hingga gang-gang permukiman warga. Melalui kegiatan ini, hari ke hari masyarakat semakin sadar dan kompak dalam bergotong royong dan menjaga lingkungan sekitar.

“Sampah-sampah dari kegiatan ini kami kumpulkan untuk dikirim ke TPS, kemudian nanti dibawa kapal Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu,” terangnya.

Tercatat, 1.550 warga yang terlibat terdiri dari unsur RT, RW, LMK, FKDM, TP PKK, Jumantik, Dasawisma dan lainnya.(YP)

Sumber: https://m.beritajakarta.id/siaran-pers/wilayah/kabupaten-kepulauan-seribu/read/1304-SP-KEPSERIBU-12-2023