24 June 2024
Ibukota

ProKlim RW 07 Kelurahan Rorotan Maju Ke Tingkat Nasional 

Penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang terangkai dalam Program Kampung Iklim (ProKlim) dilaksanakan di lingkungan RW 07 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. Adapun aksi yang telah dilakukan seperti penanaman pohon, pemanfaatan lahan pekarangan, pembuatan lubang biopori, pengelolaan bank sampah, kolam gizi, penerapan PHBS, budidaya sayuran hidroponik, dan lain-lain.

 

“ProKlim dapat menggerakan masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Berbagai ide-ide kreatif dari masyarakat diwujudkan langsung dalam kegiatan penataan lingkungan sehingga menjadi nyaman, bersih, hijau, asri dan berketahanan pangan,” terang Camat Cilincing, Anita Permata Sari saat menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan ProKlim Tingkat Nasional di Balai Warga RW 07 Kelurahan Rorotan, Kamis (11/8).

 

Ia pun mengapresiasi peran aktif masyarakat, para pemangku kepentingan, dan unsur lainnya yang telah berkomitmen untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca. “Termasuk Balai Warga RW 07 Kelurahan Rorotan ini yang dibuat secara gotong royong oleh warga dengan menggunakan bambu. Semua bergerak untuk menata lingkungannya menjadi lebih baik,” tambahnya.

 

Hadirnya Tim Verifikasi Lapangan ProKlim Tingkat Nasional di lingkungan RW 07 Rorotan memberikan semangat baru bagi masyarakat untuk terus bergerak membenahi lingkungan. “Kami sudah membuat perencanaan 5 tahun kedepan diantaranya menggiatkan penghijauan lingkungan setiap rumah minimal 5 pohon, pemanfaatan lahan untuk ternak belut, warga sudah milah sampah dari sumber, penambahan bank sampah dan nasabah bank sampah,” ujar Ketua RW 07 Kelurahan Rorotan, Jaelani Mas’ud.