23 April 2024
Ibukota

Pohon Produktif Ditanam di Taman Pelepah Indah Kelapa Gading Timur

Kelurahan Kelapa Gading Timur kembali berkegiatan penanaman pohon. Kali ini, pohon produktif ditanam di Taman Pelepah Indah, yang berlokasi di belakang Kantor Rukun Warga (RW) 018.

Lurah Kelapa Gading Timur, Yeny Fisdiyanti menyebut terdapat empat jenis pohon produktif seperti Mangga, Jambu Air, Kurma, dan Nangka, serta satu pohon pelindung jenis Tabebuya yang ditanam di Taman Pelepah Indah.

Diharapkan pohon yang ditanam tumbuh subur sehingga mampu menjadi penyerap air yang baik dan dapat meminimalisir terjadinya genangan.

“Hari ini kita menanam pohon di lingkungan RW 018. Seperti kita ketahui pembangunan yang masif di wilayah Kelapa Gading harus diimbangi dengan upaya penanaman pohon sehingga dapat menjadi penyerap air supaya tidak terjadi genangan,” kata Yeny Fisdiyanti saat ditemui di Taman Pelepah Indah, RW 018 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (5/1).

Meski ditengah masifnya pembangunan di wilayah tugasnya, dia meyakini tetap memiliki lahan kosong untuk ditanami pepohonan.

Untuk itu, ia pun telah berkoordinasi dengan Satuan Pelaksana Pertamanan dan Hutan Kota tingkat Kecamatan Kelapa Gading dan pengurus RW dalam penyediaan pohon.

“Insyallah kalau kita cari pasti ada lahan untuk ditanam. Kami terus berusaha minimal ada sepuluh pohon yang ditanam setiap harinya. Bukan saja ditanam, namun pepohonan terus dirawat oleh 162 petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum), petugas Satpel Pertamanan dan Hutan Kota, dan juga pengurus RW tentunya,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua RW 018, Indra Alinur mendukung penuh gerakan penanaman pohon yang tengah digalakkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dukungan itu bukan hanya menyediakan bibit pohon, melainkan juga sarana perawatan pohon seperti air dan mesin pompa air.

“Yang pasti kami lebih dari sekedar mendukung. Kami turut menjaga dan merawat agar pohon tumbuh subur dengan menyediakan fasilitas perawatannya. Tidak hanya di taman ini, pohon juga sudah kami tanam di Jalan Lilin Raya dan Jalan Pelepah Raya,” tutup Indra Alinur.