20 May 2024
Ibukota

PMI DKI Bakal Gencarkan Layanan Jemput Bola Donor Darah

Fajar Metro – Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan lima wilayah kota di Jakarta akan menggencarkan aksi donor darah di awal tahun 2024.

Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Siti Juwariyah mengatakan, aksi donor darah bakal digencarkan bersinergi dengan stakeholder, salah satunya melalui layanan jemput bola donor darah.

“Layanan jemput bola aksi donor darah bersinergi dengan seluruh stakeholder akan digelar sejak awal tahun 2024 untuk memenuhi kebutuhan sekitar 1.000 kantong setiap hari,” ujar Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Siti Juwariyah, Selasa (9/1).

Ia mengungkapkan, stok darah khususnya golongan darah AB memasuki pekan kedua Januari 2024 menurun disebabkan jumlah pendonor yang datang berkurang.

“Sementara, stok golongan darah lainnya masih mencukupi. Berkurangnya stok disebabkan beberapa kegiatan layanan jemput bola yang semula dijadwalkan dilaksanakan pada pekan pertama dan kedua Januari 2024 ditunda karena berbagai hal,” jelasnya.

Siti optimistis, layanan jemput bola donor darah yang digelar oleh PMI di tingkat Provinsi dan lima kota mulai pekan ketiga Januari 2024 akan kembali berjalan normal.

“Warga bisa mendatangi kantor PMI DKI Jakarta di Jalan Kramat dan kantor PMI di lima wilayah yang juga membuka pelayanan donor darah untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Ia juga bersyukur selama tahun 2023, PMI DKI berhasil memenuhi stok darah untuk memenuhi kebutuhan darah untuk seluruh rumah sakit di Jakarta.

“Alhamdulilah, kami bisa memenuhi permintaan stok darah untuk rumah sakit swasta dan pemerintah di Jakarta selama tahun 2023 berkat sinergisitas bersama seluruh stakeholder,” tandasnya.(yp)

Sumber: beritajakarta.go.id