16 April 2024
Ibukota

Pengurus Wilayah di Kelurahan Rorotan Disosialisasikan Bulan Dana PMI

Sosialisasi Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara digelar di Kantor Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/9). Sosialisasi menyasar pengurus wilayah seperti RT/RW dan Dasawisma.

Lurah Rorotan, Ahmad Fitroh mengatakan, Bulan Dana PMI merupakan agenda rutin tahunan dalam upaya menggalang partisipasi masyarakat mendukung program kemanusiaan.

Secara teknis, sebanyak 151 RT dari 14 RW se-Kelurahan Rorotan akan didistribusikan media Bulan Dana PMI berbentuk map list.

“Tahun ini Bulan Dana dilaksanakan sejak Juli hingga September. Makanya kita sepakati batas pengumpulan penggalangan dana kemanusiaan pada 16 September 2022,” kata Ahmad Fitroh saat dikonfirmasi, Selasa (16/9).

Fitroh berharap kader Dasawisma sebagai kepanjangan pengurus RT/RW mengambil peran menggalang partisipasi masyarakat dalam Bulan Dana PMI Tahun 2022.

Diyakininya, seluruh hasil dari Bulan Dana PMI akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk layanan kemanusiaan.

“Dana masyarakat yang terkumpul juga untuk kemanusiaan, akan kembali digunakan menjalankan program-program kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kota Jakarta Utara, Heri Asmedi menerangkan, PMI merupakan lembaga kemanusiaan yang tidak hanya mengurusi soal pengelolaan darah semata.

Dalam kegiatan kesehariannya, PMI Kota Jakarta Utara juga menyiagakan layanan darurat medis, mobil ambulans jenazah, kebencanaan dan layanan kemanusiaan lainnnya.

Bahkan PMI Jakarta Utara juga memiliki program peningkatan kemampuan relawan serta edukasi kesiapsiagaan bencana bagi masyarakat dan sekolah, yang dalam waktu dekat juga akan meresmikan Klinik Kesehatan.

“Semua layanan ini diberikan secara gratis. Karena itu, kami berharap dukungan dan partisipasi masyarakat agar bisa menyelenggarakan layanan kemanusiaan secara maksimal,” Heri Asmedi.