18 July 2024
Ibukota

Pemkot Jakut Gelar Pelaksanaan Aktualisasi Nilai Nilai Tahun Baru Islam 1444 H

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan aktualisasi nilai-nilai tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H / 2022 M di Masjid Babussalam, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (11/8). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Korpri Kota Administrasi Jakarta Utara.

 

“Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat sehat dan sempatnya kita bisa hadir di sini dalam kegiatan aktualisasi nilai-nilai tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H dengan tema Spirit Muharram dan Semangat Perubahan Menuju Kebaikan,” kata Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

 

Ali menambahkan tahun baru Hijriah merupakan hari besar bagi umat Islam yang diperingati setiap tahun.

“Mengingat peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW bersama pengikutnya dari Mekah ke Madinah, dimana hijrahnya tersebut adalah perubahan dari sesuatu yang kurang baik menuju yang lebih baik. Bulan Muharram juga harus menjadi momentum untuk melakukan perubahan-perubahan mendasar untuk diri kita semua,” tambahnya.

 

Ali mengatakan sesuai dengan tema Spirit Muharram dan Semangat Perubahan Menuju Kebaikan maka peringatan Tahun Baru Islam adalah waktu untuk melakukan refleksi diri.

“Refleksi diri untuk kita para ASN Jakarta Utara, untuk mawas diri, dari situasi atau kompetisi dan pekerjaan serta kegiatan kita sehari-hari yang kurang baik. Kita harus berubah lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini. Oleh karena itu diperlukan evaluasi, instropeksi dari diri masing-masing. Instropeksi yang sesuai dengan tema hari ini dan menjelang hari kemerdekaan kita adalah semangat revolusi, semangat para pejuang. Mari memperbaiki diri secara kolektif sehingga apa yang kita perbuat nantinya akan membawa nama baik ASN Jakarta Utara khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” tuturnya.

 

Untuk diketahui, pada kegiatan aktualisasi nilai-nilai tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H ini juga dilakukan santunan anak yatim dan siraman rohani untuk ASN Kota Jakarta Utara oleh KH Misbahul Munir. Hadir bersama Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim adalah Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri, Asisten Pemerintahan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Iyan Sofian Hadi, para kasuban, kasudin, kepala bagian, camat dan lurah se-Jakarta Utara, Ketua TP PKK Kota Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali, dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.