18 July 2024
Ibukota

Kecamatan Tanjung Priok Peringati HOD Ke 28, Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat

Fajar Metro – Upacara memperingati Hari Otonomi Daerah (HOD) dilaksanakan Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara, Khamis (25/4/2024) dengan mengambil tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat ‘ bertempat di halaman parkir Kantor Kecamatan Tanjung Priok.

Dalam arahannya Camat Tanjung Priok Ade Himawan mengutip edaran Menteri Dalam Negeri , bahwa Otonomi Daerah (Otda) merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI.

“Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam UUD 1945 Pasal 18”. Papar Camat Ade.

Tujuan utama Otda yaitu ‘Kesejahteraan’, desentralisasi menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development) serta pemanfaatan sumber daya alam yang bijak berkelanjutan (sustainable).

Tujuan Demokrasi, desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik ditingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat Madani atau Cicil Society, jelas Ade.

Dalam konteks ‘ekonomi hijau’ kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk mengelola sumber daya alam lebih efisien dan berkelanjutan melalui transformasi produk unggulan dari produk tidak dapat diperbaharui (seperti industri pengolahan pertambangan) menjadi produk dan jasa yang diperbaharui dengan tetap memperhatikan potensi daerah seperti pertanian, kelautan dan pariwisata. Demikian Camat Tanjung Priok Ade Himawan.

Dalam kesempatan itu pula Camat Tanjung Priok Ade Himawan memberikan kesempatan kepada ASN jelang pensiun untuk memberikan ucapan dan sepatah kata kepada peserta upacara.

Hadir dalam kegiatan ini, seluruh ASN tingkat Kecamatan Tanjung Priok, Perwakilan Danramil Kecamatan Tanjung Priok, Kapolsek Tanjung Priok, Ketua FKDM Kecamatan Tanjung Priok, Ketua LMK Kecamatan Tanjung Priok, Lurah se Kecamatan Tanjung Priok. (YP)