24 June 2024
Ibukota

Jakarta Utara Kembali Terima Anugerah Kalpataru di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Fajar Metro – Anugerah Kalpataru kembali merapat ke Jakarta Utara tepat di Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, Rabu (5/6/2024).

Jika sebelumnya penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI diraih warga Kecamatan Koja, Dani Arwanto dengan kategori perintis pada 2023, Anugerah Kalpataru tahun 2024 diraih Dindin Komarudin dengan kategori pembina.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengucap syukur sekaligus terima kasih kepada KLHK RI yang kembali memberikan anugerah Kalpataru kepada warganya. Diharapkan anugerah ini dapat mengetuktularkan orang atau kelompok di Jakarta Utara yang lain untuk senantiasa aktif terhadap pelestarian alam dan sosial.

Ali mengenal Abah Dindin, sapaan Dindin Komarudin, yang berkomitmen kuat terhadap pelestarian alam dan sosial melalui Yayasan Kumala dengan konsep sirkural 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sejak tahun 2003 silam. Tidak sendiri, Abah Dindin turut mengajak anak jalanan menjalani itu semua demi perubahan stigma negatif terhadap anak asuhnya dari kaum marjinal.

 

Ali mengatakan proses pelestarian lingkungan hidup dan sosial ini tidak berhenti dengan adanya Anugerah Kalpataru, tapi ini proses yang berkelanjutan dan berharap akan ada lagi warga Jakarta Utara yang menerima anugerah ini kedepannya karena penghargaan ini bukan upaya sendiri, tapi upaya kolektif dari seluruh elemen pentahelix.

Sementara itu, Dindin Komarudin mensyukuri betul keberkahan Anugerah Kalpataru yang diraihnya saat ini. Penghargaan ini merupakan kerja keras bersama termasuk anak asuh (kaum marjinal) yang dibinanya sejak merintis Yayasan Kumala pada tahun 2003 silam.

Ia berpesan untuk berikan manfaat untuk lingkungan meski dari hal terkecil. Ia berharap ini ini memberikan dampak domino yang positif bagi semuanya.

(YP)