18 July 2024
Ibukota

GELAR FESTIVAL MALAM TAHUN BARU 2023, PEMPROV DKI LIBATKAN UMKM

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Festival Malam Tahun Baru 2023 yang tersebar hingga ke tingkat kota. Pada gelaran ini, Pemprov DKI melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKKUKM) juga mengajak UMKM binaan Jakpreneur untuk ikut berpartisipasi dengan membuka bazar di acara tersebut.

Kepala DPPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, mengungkapkan, pada gelaran kali ini, UMKM yang dilibatkan adalah UMKM di bidang kuliner. Para UMKM ini akan menggelar bazar di beragam acara yang dinisiasi oleh Disparekraf DKI Jakarta pada 31 Desember 2022, yakni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai lokasi puncak acara pergantian tahun, juga di beberapa titik lokasi panggung hiburan Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin sampai Jalan Sudirman, serta di lokasi acara wilayah kota.

“Terkait dengan pembayaran, kami mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Sehingga, pembayaran dilakukan secara cashless menggunakan QRIS Jakpreneur. Metode pembayaran ini dapat meminimalisir penularan COVID-19 karena mengurangi interaksi langsung antara pembeli dan pedagang, serta memudahkan UMKM dalam penghitungan omzet,” kata Ratu, Rabu (28/12).

Ratu menjelaskan, total UMKM yang ikut terlibat kurang lebih ada 110 UMKM. Sebanyak 60 UMKM akan membuka bazar di acara Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman; yakni dengan rincian: 10 UMKM di sekitar panggung Stasiun MRT HI, 10 UMKM di sekitar panggung Jalan Imam Bonjol, 10 UMKM di sekitar panggung Gedung Davinci, 10 UMKM di sekitar panggung FX Sudirman, 10 UMKM di sekitar panggung gate way SCBD, dan 10 UMKM di sekitar panggung Patung Pemuda Senayan. Kemudian, 20 UMKM di TMII dan 30 UMKM di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

“UMKM tersebut telah melalui proses kurasi yang mempertimbangkan kualitas produk, packaging, dan kesiapan produksi. Sehingga, produk yang dijual kepada masyarakat pun telah terstandardisasi dengan baik dan aman,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin hadir menonton Festival Malam Tahun Baru 2023 yang tersebar di berbagai lokasi ini, dapat membeli dan merasakan langsung kualitas produk unggulan para UMKM binaan Jakpreneur ini. Bazar UMKM buka mulai pukul 18.00 WIB.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin hadir dalam acara tersebut dapat turut mendukung pembayaran cashless dengan tidak membawa banyak uang tunai, serta turut bersama-sama peserta UMKM dan petugas dalam menjaga kebersihan lokasi acara dengan tidak membuang sampah sembarangan,” imbuh Ratu.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang mana menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada pergantian tahun ini. Masyarakat dapat terus memantau perkiraan cuaca pada akun resmi BMKG maupun BPBD DKI Jakarta saat hendak beraktivitas di luar ruangan.