15 July 2024
Ibukota

Dukung Peningkatan Pelayanan dan Kinerja ASN DKI, Pj. Gubernur Heru Apresiasi Kelurahan dan Kecamatan di Jakarta

Fajar Metro – Penjabat (Pj.) Gubernur Heru Budi Hartono memberikan pengarahan kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada kegiatan Townhall Meeting Penyelenggaraan Kinerja Kewilayahan, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (22/11). Kegiatan tersebut ditujukan sebagai wadah evaluasi hasil dari kinerja masing-masing wilayah, mulai dari tingkat kota/kabupaten administrasi, kecamatan, dan kelurahan.

Pj. Gubernur Heru mengapresiasi seluruh camat dan lurah yang telah berkontribusi bersama warga pada kegiatan ‘Bakti Kita untuk Jakarta’, serta bersinergi dalam penataan kawasan dengan konsep ruang terbuka hijau dan pertanian perkotaan.

“Para camat dan lurah adalah lini terdepan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Untuk itu, prioritaskanlah kebutuhan layanan masyarakat dengan mendorong partisipasi warga dalam perencanaan pembangunan wilayah, serta melibatkan pemberdayaan masyarakat,” ujar Pj. Gubernur Heru di Jakarta, Rabu (22/11).

Selain itu, Pj. Gubernur Heru juga mengimbau kepada seluruh jajaran dari tingkat provinsi hingga kelurahan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi menjelang akhir tahun. Selain itu, Ia juga berharap ASN di DKI Jakarta dapat terus meningkatkan pelayanan dan kinerjanya dalam menangani pengaduan masyarakat.

“Oleh karena itu, bekerjalah secara rapi dan bertahap bisa dimulai dari hal yang kecil. Saya selalu memberikan apresiasi bagi yang konsisten bekerja dalam menjaga kinerja yang optimal. Mereka yang mendapatkan penghargaan ini diberikan apresiasi untuk studi banding ke luar negeri,” tambah Pj. Gubernur Heru.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengungkapkan, pihaknya selalu melakukan evaluasi kinerja kewilayahan per tiga bulan untuk mencapai tingkat kepuasan masyarakat yang terbaik.

“Kami di wilayah juga telah melakukan survei kepuasan masyarakat secara keseluruhan untuk se-DKI Jakarta, dengan angka yang dicapai di tingkat kelurahan yaitu 92,05 persen, sementara di tingkat kecamatan sebanyak 96,81 persen. Alhamdulillah kita bisa mendapatkan contoh bahwa Kelurahan Pegangsaan Dua berhasil memenangkan lomba tingkat nasional untuk kategori kinerja dan penataan kawasan,” pungkas Sigit.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Heru memberikan penghargaan terhadap beberapa kelurahan dan kecamatan yang berhasil menjalankan tugas dan fungsi kinerja kewilayahan, serta penataan kawasan dengan konsep taman dan ruang terbuka hijau. Berikut beberapa nama pemenang yang mendapatkan apresiasi:
(Apresiasi Kinerja Kewilayahan)
1. Kelurahan Pegangsaan Dua
2. Kelurahan Pegangsaan
3. Kelurahan Pesanggrahan

(Apresiasi Penataan Kawasan Tingkat Kelurahan)
1). Kelurahan Kampung Bali
2). Kelurahan Karet Kuningan
3). Kelurahan Kembangan Selatan

(Apresiasi Penataan Kawasan Tingkat Kecamatan)
1). Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
2). Kecamatan Cilincing
3). Kecamatan Duren Sawit. (Yp)

Sumber: https://m.beritajakarta.id/siaran-pers/provinsi/read/4484-SP-HMS-11-2023