18 July 2024
Ibukota

Dinas SDA DKI Siap Perbaiki Tanggul Nizam Zachman, Muara Baru

Fajar Metro – Menanggapi pemberitaan yang beredar di media massa dan media sosial terkait kebocoran yang terjadi di tanggul Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta kini tengah merencanakan perbaikan tanggul tersebut.

Rencana perbaikan tanggul juga bersinergi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait, seperti PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Plt Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum mengungapkan, tanggul Nizam Zachman dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta pada 2014-2015. Untuk saat ini, kebocoran tanggul tidak mempengaruhi aktivitas warga dengan lokasi yang jauh dari permukiman.

“Kendati demikian, kami terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk rencana perbaikan tanggul. Mengingat, lokasi kebocoran tanggul berada di kawasan Pelindo,” ujar Ika di Jakarta, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Rabu (4/10).

Dalam proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), ada dua tahap, yaitu tahap pembangunan tanggul pantai dan tahap pembangunan tanggul laut raksasa. Saat ini, Pemprov DKI bersama Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedang menyelesaikan pembangunan tanggul pengaman pantai dan muara kali (NCICD Fase A).

Adapun panjang trase dari tanggul pengaman pantai di titik kritis adalah 37,356 km. Dari jumlah tersebut, yang sudah dibangun sepanjang 17,093 km dan yang belum dibangun sepanjang 20,263 km. Dari jumlah yang belum dibangun, sepanjang 9,151 km akan menjadi tugas Kementerian PUPR dan sepanjang 11,112 km menjadi tugas Pemprov DKI Jakarta.

Sumber: https://m.beritajakarta.id/read/129599/dinas-sda-dki-siap-perbaiki-tanggul-nizam-zachman