18 July 2024
Ibukota

Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Resmi Meluncurkan Aplikasi E-Satgas

Fajar Metro – Dalam rangka menunjang kinerja Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kelurahan, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), yakni E-Satgas.

 

E-Satgas merupakan sistem pelaporan aktivitas dan pendataan wilayah oleh Satgas Gulkarmat Kelurahan berbasis digital yang transparan, akuntabel, serta efisien. Adapun tujuan dibangunnya aplikasi ini untuk monitoring dan evaluasi kinerja para Satgas Gulkarmat Kelurahan. Sebelum diluncurkan, aplikasi ini telah diuji coba kepada seluruh Satgas Gulkarmat Kelurahan selama kurang lebih satu bulan.

 

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyampaikan, melalui Aplikasi E-Satgas para pejabat dapat lebih mudah memonitoring pelaporan dan kinerja Satgas Gulkarmat Kelurahan. Selain itu, dengan hadirnya aplikasi ini kinerja Satgas Gulkarmat Kelurahan dapat lebih terlihat eksistensinya dalam melayani masyarakat. “Melalui sistem yang terintegrasi ini akan membantu kinerja Satgas Gulkarmat,” ujarnya.

 

Satriadi juga menyampaikan, melalui Aplikasi E-Satgas dapat lebih memperlihatkan pelayanan Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta bukan hanya memadamkan api saja. “Namun, berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan,” tuturnya. Untuk itu, Satriadi berharap seluruh Satgas Gulkarmat Kelurahan dapat menggunakan aplikasi ini dengan optimal.

 

Dalam Aplikasi E-Satgas terdapat beberapa fitur yang dapat membantu kinerja Satgas Gulkarmat Kelurahan. Adapun fitur yang dapat diakses ialah:

 

Monitoring laporan unit dan personel;

Pelaporan kejadian dan status kebakaran serta penyelamatan;

Pelaporan aktifitas harian;

Pelaporan sosialisasi pencegahan kebakaran;

Pendataan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL);

Pelaporan sarana dan prasarana di wilayah;

Peta risiko kebakaran;

Rekapitulasi data kebakaran dan penyelamatan;

Pelaporan pembinaan (fisik dan keterampilan);

Digitalisasi arsip rencana operasi.

Adapun sistem informasi E-Satgas terintegrasi dengan Peta Jakarta Satu, Sistem Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Aplikasi Pemetaan Risiko Kebakaran, Laporan Unit dan Personel, Arsip Rencana Operasi, serta Laporan Kebakaran. (YP)

Sumber: pemadam.jakarta.go.id