30 May 2024
Berita VideoIbukota

35 Peserta Ramaikan Festival Bedug 2024 di Jakarta Utara

https://youtu.be/UhI3qmVN-H0?si=BRf0hoMQ9iWLEeFU

Berita Ibukota –

35 Peserta Ramaikan Festival Bedug 2024 di Jakarta Utara

Fajar Metro –

Festival Bedug 2024 yang diselenggarakan di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara telah dibuka pagi ini, Jumat (15/3/2024). 35 peserta (grup) turut meramaikannya dengan menampilkan penampilan terbaiknya dihadapan dewan juri.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Cucu Rita Sary mengaku bangga dengan jumlah peserta yang mencapai 35 grup. Itu artinya, terdapat kelurahan yang mengikutsertakan lebih dari satu peserta dalam Festival Bedug 2024.

“Tahun kemarin hanya ada enam peserta, akhirnya kita kolaborasi dengan Camat dan Pemerintah Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara dan mendapatkan 35 peserta tahun ini. Saya bangga karena ada kelurahan yang mengikutsertakan lebih dari satu peserta,” ungkap Cucu Rita Sary dalam sambutannya.

Dia menyebut, Festival Bedug 2024 membuka ruang berekspresi dan inovasi menabuh bedug. Dengan begitu diharapkannya festival ini memberikan inspirasi bukan hanya masyarakat, termasuk para pelajar di Jakarta Utara.

“Dari 35 peserta ini, Juara 1, 2, dan 3 akan kami bina kembali untuk mengikuti festival serupa di Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Selebihnya ada juga Juara Harapan 1, 2, dan 3. Kami berharap Jakarta Utara bisa memenangkannya nanti di Tingkat Provinsi DKI Jakarta,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Bedug 2024, Aep Tursaman menerangkan peserta mendapatkan penilaian dari dewan juri mengenai menabuh bedug, lantunan Takbir dan Salawat, serta inovasi yang dibawakannya di atas panggung. Festival dalam bentuk perlombaan ini akan dilaksanakan berjenjang di setiap Tingkat Kota Administrasi se-DKI Jakarta, dan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta nantinya.

“Sore nanti setelah pengumuman pemenang, akan ada Launching (peluncuran) Buku Sejarah Lokal dan Penulisan Toponimi Jakarta Utara, yang dirangkai dengan santunan bagi kaum Dhuafa, penyerahan hadiah, dan ditutup dengan Syakir Daulay dan buka puasa bersama,” tutupnya.(YP)

sumber: Kominfotik Jakarta Utara