18 April 2024
Ibukota

Ketum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi Khawatirkan Dampak Kenaikan Pajak bagi Pelaku Usaha

Fajar Metro – Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan naiknya 3 jenis pajak di DKI Jakarta saat daya beli masyarakat turun menambah kekhawatiran terhadap beban pelaku usaha. Hal ini bisa berdampak pada semakin mengurangi konsumsi rumah tangga mengingat kenaikan pajak ini terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat.

“Salah satu tugas pemerintah adalah memberi perlindungan kepada rakyat, bukan malah membuat warga hidup dengan berbagai kekhawatiran,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi DKI Jakarta Diana Dewi, menyikapi kenaikan pajak yang sepertinya terus digesa oleh pemerintah.”

Kenaikan pajak, mulai dari kendaraan bermotor, pajak progresif, hingga industri hiburan sepertinya dilakukan tergesa-gesa dan tidak mempertimbangkan psikologi masyarakat yang saat ini tengah susah lantaran naiknya harga-harga kebutuhan pokok.

Diana menilai kenaikan tarif pajak saat ini sangat tidak tepat, di mana daya beli masyarakat sedang turun. Naiknya harga-harga kebutuhan pokok telah mengakibatkan masyarakat melakukan pengetatan pengeluaran rumah tangga.

“Bila kondisi ini diperparah dengan kenaikan pajak lagi, bisa dikatakan pemerintah seperti tak berempati pada rakyatnya, melainkan hanya memikirkan bagaimana menggenjot pendapatan dari pajak.”

Dirinya juga menilai, kenaikan pajak yang begitu tinggi ini juga terkesan dilakukan tergesa-gesa. Pun tanpa mengajak para pengusaha (KADIN) untuk berdiskusi. “Kami tidak pernah diajak diskusi. Kalau diajak, tentu kami akan beri masukan dengan melihat kondisi riil di masyarakat,” tukasnya.