14 June 2024
Ibukota

Askesra Jakut buka sosialisasi Aksi 4 dan 5 penurunan stunting

Fajar Metro – Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri membuka sosialisasi Aksi 4 dan Aksi 5 penurunan stunting di Ruang Pola, Lantai 2 Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (26/10). Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan regulasi percepatan penurunan stunting dan peningkatan kapasitas tim pendamping keluarga Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, semoga ikhtiar bersama ini dapat membantu kita menurunkan stunting di Kota Administrasi Jakarta Utara,” kata Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri.

Dikatakan Andri, tujuan dari Aksi 4 dengan diterbitkannya peraturan bupati/walikota tentang ‘percepatan penurunan stunting’ adalah untuk memberikan kepastian hukum yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi OPD, desa, dan kelurahan dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung upaya pencegahan dan penurunan stunting.

Tujuan Aksi 5, pembinaan pelaku dan pemerintahan desa/kelurahan atau peningkatan kapasitas tim pendamping adalah untuk memastikan mobilisasi pelaku di seluruh desa/kelurahan di kabupaten/kota berjalan dengan baik dan kinerja pelaku dapat optimal sesuai dengan tugas dan perannya.

“Ke depan kita akan melakukan Aksi 4 dan 5. Untuk Aksi 4 kita telah menerbitkan peraturan, membuat buku. Itu dapat digunakan sebagai acuan untuk penurunan stunting. Pada Aksi 5, kenapa harus ada tim pendamping keluarga, karena intervensi kita harus menyeluruh, tidak hanya anaknya saja, tapi juga untuk orang tuanya, remaja, atau sampai dengan calon pengantin (Catin),” ucap Andri.

Andri berharap para peserta yang hadir luring ataupun daring dapat diikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.
“Kepada para narasumber dari Dinas PPAPP dan Suku Dinas Kesehatan, saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya untuk berbagi pengetahuan pada kita semua di sini. Semoga dengan pembinaan yang terus dilakukan kita semua dapat melaksanakan tugas dan peran dengan baik untuk membantu mewujudkan generasi anak bangsa yang lebih baik,” tuturnya.

Untuk diketahui, hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi Aksi 4 dan Aksi 5 penurunan stunting di Kota Administrasi Jakarta Utara adalah Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Lilis Osyah Suwandi dan Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, Lisbeth Regina Panjaitan.(YP)

Sumber: Kominfotik Jakarta Utara