18 July 2024
Ibukota

165 Pemudik Manfaatkan Layanan Kesehatan Posko PMI Jakarta Utara

Fajar Metro – Selama arus mudik dan balik Lebaran 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara terus aktif membuka pelayanan Posko Kesehatan Siaga Lebaran di Terminal dan Pelabuhan Tanjung Priok. Posko yang dibuka sejak 7 April 2024 telah dimanfaatkan ratusan pemudik untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Kepala Markas PMI Kota Jakarta Utara, Nur Hasanudin mengatakan, Posko Kesehatan Siaga Lebaran rutin diadakan setiap tahun.

“Posko masih akan dioperasikan hingga hari ini atau dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan melihat kondisi riil di lapangan,” ujarnya, Selasa (16/4).

Menurutnya, untuk memberikan layanan kepada pemudik dan kru transportasi arus mudik dan balik Lebaran dikerahkan sebanyak lima petugas Korps Sukarela, satu unit mobil pelayanan kesehatan dan ambulans di masing-masing posko.

“PMI Jakarta Utara berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan terus berinovasi tiap tahun,” terangnya.

Ia menyampaikan, hingga saat ini tercatat sudah ada 95 pemudik yang memanfaatkan layanan di Posko Pelabuhan Tanjung Priok dan 70 pemudik di Terminal Tanjung Priok.

“Mereka umumnya memeriksakan tekanan darah, gula darah, kolesterol hingga golongan darah. Kami juga memberikan vitamin,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi pemudik yang kondisi kesehatannya memerlukan penanganan lebih lanjut maka akan langsung dirujuk ke RSUD atau fasiltas kesehatan lainnya.

Selain itu, kata Acang, petugas PMI Jakut juga memberikan edukasi kepada warga khususnya yang baru balik dari kampung halaman agar tetap terjaga stamina untuk kembali beraktivitas di Jakarta.

“Mudah-mudahan pelayanan kesehatan ini bermanfaat bagi warga Jakarta. InsyaAllah tahun depan kita akan buka kembali posko ini,” ucapnya.

Sementara itu, warga Sunter Agung, Suminah (56) mengaku sangat terbantu dengan adanya posko kesehatan PMI Jakarta Utara yang memberikan layanan secara gratis.(YP)

“Sangat bagus dan membantu. Kebetulan untuk balik ke Jakarta membutuhkan waktu berjam-jam badan terasa pegal, saya diberikan vitamin,” tandasnya.