23 April 2024
Ibukota

150 Peserta Ikut Kampanye Germas di Mitra Praja Sunter

Fajar Metro – Sebanyak 150 peserta terdiri dari jajaran aparatur sipil negara (ASN) dan PJLP di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, ikut meramaikan. Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang berlangsung di Halaman Gedung Mitra Praja Sunter, Jakarta Utara, Jumat (23/2).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mencegah risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti penyakit jantung dan stroke.

“ini sangat penting untuk ASN dan PJLP yang rentan terhadap penyakit tidak menular seperti kolesterol, jantung dan stroke,” kata Eric.

Ia menjelaskan, kampanye ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 161 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Menurut Eric, sejak 2020 pihaknya gencar mensosialisasikan Germas dengan melibatkan berbagai lintas sektoral.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama dalam rangka mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai wilayah yang masyarakatnya sehat, bersih dan panjang umur,” tegasnya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Murniasi Hutapea menambahkan, dalam kampanye ini dilakukan berbagai kegiatan, mulai dari senam bersama, skrining kesehatan dan kebugaran, makan buah bersama, pemeriksaan fisik, cek laboratorium sederhana serta lari sepanjang 1,6 kilometer.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi budaya bagi setiap ASN dan PJLP Kepulauan Seribu di instansi masing-masing,” harapnya.

Salah satu peserta, staff dari Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Rio Handoko mengaku setelah mengikuti GERMAS ini ada dampak positif pada tubuhnya, jadi lebih bugar dan sehat. Kedepannya, ia akan terus menerapkan hidup sehat, minimal seminggu sekali berolahraga dan akan memperbanyak makan sehat seperti buah dan sayuran.

“Ini sangat penting untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit dalam diri kita. Saya akan lebih rajin dan teratur olahraganya,” pungkasnya.(YP)

Sumber: Kominfotik Jakarta Utara