23 April 2024
Daerah

Pj Gubernur Papua Jadi Korban Ricuh Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe

Kapolda Papua Sesalkan Kericuhan Pengantaran Jenazah Lukas Enembe

Fajar Metro – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun akan dievakuasi ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, setelah menjadi korban pelemparan saat jenazah mantan Giubernur Papua Lukas Enembe diarak dari Bandara Sentani menuju Gedung STAKIN, Kabupaten Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Ridwan Rumasukun yang dalam sejumlah video dan foto terlihat terluka di muka. Belakangan, dia diketahui juga mengalami luka di rusuk sehingga memerlukan perawatan medis lebih lanjut.

“Tadi kami menemui beliau di rumah sakit dan kondisinya masih stabil. Tapi ada gangguan di rusuk sehingga besok akan dievakuasi ke RSPAD Jakarta untuk penanganan lebih lanjut,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri, di Jayapura, Kamis malam.

Fakhiri pun menyesalkan kejadian tersebut karena kerusuhan terjadi di tengah suasana duka meninggalnya Lukas Enembe akibat gagal ginjal.

“Tentunya ini sangat disayangkan anak-anak yang harusnya menghargai orangtuanya yang dipanggil Tuhan tapi melakukan hal-hal yang tidak terpuji,” kata Fakhiri.

Seperti diketahui, mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Selasa (26/12/2023). Pada Kamis (28/12/2023) pagi, jenazah tiba di Jayapura dan disambut ribuan orang.

Saat jenazah dibawa ke Gedung STAKIN Sentani, massa merusuh sehingga melukai sejumlah orang, termasuk PJ Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.
Kemudian kericuhan kembali terjadi ketika rombongan pengarak jenazah melewati Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura. Mereka melakukan pembakaran yang menyebabkan 25 rumah dan kios terbakar. (YP)

Sumber: kompas.com