15 April 2024
Daerah

Pemkab Tangerang Perkenalkan Garasi Gemilang untuk Cegah Stunting

Fajar Metro – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang memperkenalkan program Gerakan Rabu Ceria Generasi (garasi) Gemilang untuk mencegah anemia sejak dini sehingga nantinya dapat membangun generasi bebas stunting. Komitmen tersebut ditandai penandatanganan kerja sama antara Kementerian Agama, Kantor Cabang Pendidikan (KCD) Provinsi Banten wilayah Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang dan PMI Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Wareng Gedung Bupati Tangerang, Senin (16/10/23).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis mengatakan, gerakan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun komitmen bersama lintas sektor dalam penanggulangan anemia remaja putri sebagai upaya mencegah stunting di Kabupaten Tangerang.

“Melalui program ini, kami ingin berkomitmen dengan sekolah-sekolah untuk melakukan edukasi terkait gizi, anemia dan stunting serta pemberian tablet tambah darah kepada para remaja putri di sekolah. Tujuannya agar para remaja, khususnya remaja putri supaya terhindar dari anemia yang menjadi salah satu faktor dalam melahirkan bayi stunting,” katanya.

Diketahui, saat ini jumlah kasus anemia pada remaja di Kabupaten Tangerang mencapai 36,5 persen. Angka tersebut terus ditekan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan sejumlah upaya, salah satunya dengan turut membangun komitmen dengan sekolah-sekolah, khususnya di tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Pesantren.

Sebagai langkah awal program Garasi Gemilang akan dilakukan di lima sekolah. Kelima sekolah yang akan melaksanakan program tersebut diantaranya SMKN 7 Kabupaten Tangerang, SMAN 3 Kabupaten Tangerang, MAN 1 Tigaraksa, SMPN 2 Balaraja dan Pondok Pesantren Tarbiyayul Mubtadin.

Ia menuturkan nantinya program ini akan dilaksanakan pada setiap Hari Rabu di sekolah-sekolah dengan agenda sarapan bersama, melakukan edukasi gizi kepada para siswa, minum tablet tambah darah bersama bagi remaja putri, serta dilakukannya pemeriksaan Hb atau tindaklanjut anemia pada remaja putri serta dilakukannya penginputan konsumsi TTD dalam Sistem Informasi TTD Remaja Putri (SITARI).

“Kegiatan ini merupakan salah satu intervensi spesifik dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Tangerang. Harapannya kegiatan Garasi Gemilang ini dapat berjalan dengan baik yang nantinya dapat meningkatkan status gizi khususnya remaja putri di Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony, mendukung penuh program Garasi Gemilang yang digagas oleh Dinas Kesehatan. Ia menuturkan gerakan ini merupakan langkah nyata untuk mendukung salah satu pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tangerang, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Tadi kita sudah menandatangani komitmen kepada seluruh stakeholder yang ada untuk menggerakan program Garasi Gemilang. Saya berharap melalui program ini nantinya dapat menurunkan angka anemia bahkan angka stunting di Kabupaten Tangerang, dan nantinya akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas,” pungkasnya.

Sumber: https://tangerangkab.go.id/detail-berita/9869