18 July 2024
Daerah

ASN Purwakarta Resah Gaji ke – 13 belum Cair

Fajar Metro – Dikutip dari Lensapurwakarta.com, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purwakarta sedang resah karena gaji ke-13 mereka belum cair, padahal sangat diharapkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak menjelang tahun ajaran baru.

Beberapa ASN mengeluhkan keterlambatan ini dan membandingkannya dengan daerah tetangga seperti Subang dan Karawang yang sudah menerima gaji ke-13.

“Iya, bagaimana ini sampai hari ini masih belum ada kabar apapun soal gaji ke 13. Padahal, kami sangat butuh,” ujar salah seorang ASN, yang menolak disebutkan identitasnya.

Alasan utama ASN menantikan gaji ke-13 ini adalah untuk menutupi biaya hidup, terutama biaya pendidikan anak-anak.

Penundaan pencairan gaji ke-13 ini membuat para ASN harus bersabar dan berhemat.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Purwakarta, R Muchamad Nurcahja, menjelaskan bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh prioritas anggaran untuk mandatory hibah kegiatan Pilkada 2024.

Pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan setelah menyelesaikan hibah pilkada sebesar Rp 30,3 miliar. Selain itu, BKAD juga fokus pada pelunasan utang tahun 2023 sebesar Rp 80 miliar.

ASN berharap gaji ke-13 segera cair untuk membantu biaya operasional sehari-hari dan kebutuhan pendidikan anak-anak.(Yp)