23 April 2024
Bodetabek

Tutup ToT, Sekda Kota Tangerang Harap Semakin Banyak Guru sebagai Trainer

Fajar Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pelatihan Training of Trainer (ToT) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lingkungan Pemkot Tangerang yang digelar selama 10 hari dari 24 Januari – 2 Februari 2024, di Gedung Semeru BBPPMPV Bisnis Pariwisata, Jl. Raya Parung, Depok.

Dalam arahannya saat menutup pelatihan, Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Tangerang, Herman Suwarman, menuturkan, pendidikan pada dasarnya memiliki kewajiban untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Di era globalisasi ini, kita dihadapkan dengan berbagai tantangan yang menuntut kita untuk terus berinovasi dan beradaptasi,” tutur Herman, di hadapan 60 peserta perwakilan guru SD dan SMP, Jumat (02/02).

Herman, juga menjelaskan, setiap pendidikan harus mampu mengantisipasi sekaligus menghadirkan pendidikan yang bisa menjawab tantangan zaman.

“Pelatihan ini ialah upaya meningkatkan kualitas guru yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman, karena mereka adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan yang membimbing dan mengawal proses pembelajaran di dalam kelas hingga terbentuknya karakter generasi muda penerus bangsa,” ujarnya, seraya menambakan, “Guru yang ikut ToT diharapkan bisa menjadi trainer dan mampu mentransfer kembali ilmunya untuk rekan guru lainnya.”

Lebih lanjut, Herman, juga mengungkapkan, pelatihan ini merupakan fasilitator komunitas guru dalam rangka membekali para guru untuk terus berdaya saing sehingga menghasilkan karya yang berkualitas.

“Dengan semakin meningkatnya kualitas guru, diharapkan mampu berkontribusi nyata dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan mampu mencetak para peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, turut diberikan sertifikat kepada peserta terbaik yaitu tiga guru dari SD dan tiga guru dari SMP. (yp)

Sumber: tangerangkota.go.id