15 July 2024
Bodetabek

Peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Kota Bekasi Tahun 2023

Fajar Metro – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bekasi memperingati Hari AIDS Sedunia, dengan mengusung tema Bergerak Bersama Komunitas Akhiri AIDS 2030 Let Communities Lead yang digelar di Graha Wulan Sari, Kamis (28/12/2023).

Peringatan hari AIDS sedunia tingkat Kota Bekasi ini dihadiri oleh berbagai komponen Pentahelix yang terdiri dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, media serta para aktivis penggiat penanggulangan HIV AIDS Kita Bekasi.

Hadir dari Pemerintah Kota Bekasi diantaranya  Asisten Daerah Kota Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kepala Bagian Kesos Setda Kota Bekasi, perwakilan dari Perangkat Daerah Kota Bekasi, serta hadir pula dari Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, unsur TNI-Polri dan dari Kementerian Agama Kota Bekasi.

Kegiatan diawali oleh laporan dari Sekretaris KPA Kota Bekasi, Arif Rahman. Dalam laporannya Arif menyampaikan bahwa rangkaian peringatan hari AIDS sedunia tingkat Kota Bekasi merupakan perwujudan kolaborasi dari berbagai pihak, terutama dukungan dari Pemerintah Kota Bekasi melalui dukungan APBD tahun 2023 sebagai sumber dana pelaksanaan kegiatan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati menyampaikan sambutan mewakili PJ.  Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad. Dalam sambutannya, Kadinkes Kota Bekasi menyebutkan dukungan penuh Pemerintah Kota Bekasi dalam penanggulangan AIDS di Kota Bekasi. Salah satunya melalui penyediaan layanan kesehatan untuk penanganan AIDS, mulai dari layanan tes HIV maupun pengobatan yang ada di RSUD Casbullah Abdul Majid (CAM), RSUD tipe C, Puskesmas serta didukung juga dari beberapa Rumah Sakit Swasta yang ada di Kota Bekasi.

Tanti juga menyampaikan bahwa dukungan dari Pemerintah Kota Bekasi juga perlu didukung oleh anggaran yang cukup besar, sehingga program dan layanan yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Bekasi bersama penggiat penanggulangan AIDS di Kota Bekasi akan terus ditingkatkan pelayanannya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Daniel dari KPA Jawa Barat dengan narasumber yaitu Kepala Bagian Kesos Setda Kota Bekasi, Agus Harpa dan Kadinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati.

Tidak hanya berdiskusi, kegiatan ini juga dilakukan tes HIV secara langsung yang telah disiapkan oleh panitia. Bahkan langsung dicontohkan oleh Kabag Kesos Setda Kota Bekasi yang melakukan tes HIV diikuti oleh para undangan lainnya dilanjutkan dengan menyematkan tanda tangan dan peryataannya pada papan dukungan kolaborasi penthahelix sebagai dukungan penanggulangan HIV AIDS.(YP)

Sumber: www.bekasikota.go.id