Sambangi Satu Warga Disabilitas Fisik, Dinsos Depok Berikan Bantuan Kursi Roda

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyambangi rumah salah satu penyandang disabilitas fisik di Kelurahan Pondok Cina Kecamatan Beji Jumat (29/10/21). Kunjungan tersebut dalam rangka memberikan satu alat bantu fisik berupa kursi roda.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, sebelumnya Dinsos bersama Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tan Miyat Bekasi menyalurkan alat bantu bagi warga disabilitas fisik dan sensorik. Alat bantu yang diberikan antara lain, empat kursi roda, 11 alat bantu dengar dan 12 sepatu Ankle Foot Orthosis (AFO).

“Ada satu penerima yang kondisinya tidak bisa mengambil sendiri, jadi kami langsung mengantarkannya. Mewakili Ibu Kepala Dinsos Kota Depok Asloe’ah Madjri, saya memberikan langsung dan melihat kondisinya,” kata Nita kepada berita.depok.go.id.

Dikatakan Nita, Dinsos terus melakukan upaya pemenuhan bantuan bagi warga disabilitas di Depok. Dinsos juga secara rutin melakukan pembinaan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Semoga penyaluran alat bantu fisik ini bisa memberi manfaat bagi warga disabilitas. Tentu harapan kami dapat sedikit membantu mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” ucapnya.

Sementara itu, penerima bantuan kursi roda, Ariwiyati (40) warga Kelurahan Tugu mengungkap, bantuan alat bantu yang diberikan sangat membantunya dalam beraktivitas. Terlebih, ia ingin terus berdaya dan mengembangkan diri agar dapat mandiri.

“Saya terkena polio sejak kecil, sehingga tidak bisa berjalan. Tapi saya seorang penata rias dan diberi pelatihan oleh Disnaker Depok. Sekarang dengan mendapatkan bantuan kursi roda jadi sangat membantu pergerakan saya,” ungkapnya.

Senada dengan Ariwiyati, Maria Ulfa warga Kelurahan Pancoran Mas menuturkan, bantuan alat dengar yang diberikan Dinsos sangat membantu putranya. Kini putranya bisa belajar membaca karena alat bantu dengar yang diberikan.

“Bian putra saya seorang yatim. Setiap bantuan yang diberikan kepada saya itu sangat berarti. Putra saya sekarang kelas I SD, sangat membantu dia untuk belajar berbicara. Terima kasih Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya Dinas Sosial Depok,”tutupnya.