Hadiri Pelantikan LPBI PWNU DKI, Wagub Ariza Harapkan Kolaborasi Optimal dalam Penanganan Kebencanaan di Ibu Kota

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyaksikan Pelantikan Pengurus Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim Indonesia (LPBI) Masa Khidmat 2021-2026 PWNU DKI Jakarta, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, pada Sabtu (30/10).

Dalam sambutannya, Wagub Ariza mengatakan LPBI PWNU DKI Jakarta merupakan mitra stategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan kebencanaan di Ibu Kota Jakarta. Oleh sebab itu, diharapkan mampu berperan aktif serta berkolaborasi dengan optimal dalam penanganan bencana, perubahan iklim, maupun pelestarian lingkungan di Jakarta.

“Harapan kami, LPBI PWNU DKI akan memperkuat dan mempercepat dalam penanganan berbagai bentuk bencana di Jakarta. Di samping itu, dapat turut memberikan edukasi dan sosialisasi terkait potensi bencana gempa bumi yang bisa terjadi setiap saat kepada masyarakat,” terang Wagub Ariza, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Wagub Ariza turut menjelaskan bahwa potensi bencana dan dampak dari perubahan iklim tentu tak dapat ditanggulangi oleh pemerintah saja, tapi harus ada kerja sama dan kolaborasi antara berbagai pihak; yakni pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media, akademisi dan stakeholder terkait. Sehingga apabila terjadi bencana dapat segera ditanggulangi secara cepat dan tepat.

“Dalam banyak kejadian bencana, para relawan dari berbagai organisasi masyarakat, LSM, Perguruan Tinggi dan dunia usaha telah banyak memainkan peran penting. Keterpaduan relawan menjadi penting agar lebih terkoordinasi, efektif dan efisien dengan semangat gotong royong serta dapat mensinergikan peran sesama relawan maupun instansi terkait penanggulangan bencana,” ucap Wagub Ariza.

Wagub Ariza pun mengapresiasi para pengurus LPBI PWNU DKI Jakarta yang baru dilantik, juga berpesan agar dapat menjalankan amanah organisasi dengan baik.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta, dan saya pribadi, kami mengucapkan selamat kepada Ketua dan segenap Pengurus LPBI Masa Khidmat 2021-2026 PWNU DKI Jakarta, yang baru saja kita saksikan dilantik. Selamat bekerja, selamat berkhidmat,” ungkapnya.